Irjen Mohammad Iqbal: Walau tidak Banyak, Kami Berharap Bantuan Ini Bermanfaat

Selasa, 02 Februari 2021 – 18:29 WIB
Aktivitas rombongan Polda NTB ketika menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Mapolda Sulbar. (ANTARA/HO-Polda NTB)

jpnn.com, MATARAM - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Irjen Mohammad Iqbal menyampaikan dukacita atas bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) dan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Karena itu, Polda NTB mengirim bantuan untuk korban gempa bumi di Sulbar dan banjir di Kalsel.

BACA JUGA: Irjen Mohammad Iqbal: Secara Psikologis Saya Makin Bahagia

"Kami turut berduka atas musibah yang menimpa Sulbar dan Kalsel. Untuk itu kami kirim sejumlah bantuan ke sana, walaupun tidak banyak, kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat untuk warga terdampak di sana," kata Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam siaran persnya yang diterima di Mataram, Selasa (2/2).

Iqbal menjelaskan penyerahan bantuannya dilakukan secara simbolis di Mapolda Sulbar, Jumat (29/1) siang.

BACA JUGA: Catatan Ketua MPR RI: Bencana Alam, Pandemi dan Urgensi Perbaikan Ekosistem

Pejabat utama (Pama) Polda NTB yang menyerahkan bantuan secara simbolis diwakili Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda NTB Kombes Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf didampingi Danyon A Pelopor Satuan Brimob Polda NTB.

Menurut Iqbal, kedatangan rombongan Polda NTB disambut hangat Wakapolda Sulbar Brigjen Umar Faroq yang mewakili Kapolda Sulbar Irjen Baharuddin Djafar, yang ketika itu sedang berada di Jakarta.

BACA JUGA: Warga Minang Kirim 340 Kg Rendang untuk Korban Terdampak Gempa Sulbar

Helmi yang mewakili rombongan mengatakan, Wakapolda Umar Faroq mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk Polda NTB karena telah ikut meringankan beban masyarakat Sulbar yang kini sedang tertimpa musibah.

Ibu Wakapolda Sulbar selaku ketua koordinator penerima bantuan di wilayah Polda Sulbar turut menerima langsung bantuan itu dan bersama timnya yang akan menyalurkan kepada warga.

Bantuan Polda NTB untuk masyarakat Sulbar dengan nominal ratusan juta rupiah disalurkan dalam bentuk kebutuhan sandang, pangan dan lainnya.

Bahan kebutuhan itu antara lain berupa beras 2,5 ton, mi instan 1000 dus, air kemasan 200 dus, terpal 40 lembar, tali pengikat 40 gulung, mainan anak-anak 500 paket.

Ada juga berbagai makanan ringan berupa biskuit siap saji dan uang tunai puluhan juta rupiah dari Bhayangkari Polda NTB.

"Insyaallah ini merupakan tahap awal kami salurkan bantuan. Nantinya akan ada kiriman kembali tahap selanjutnya, menyesuaikan dengan kebutuhannya," ujar Helmi.

Dalam kunjungannya melihat situasi pascagempa di Sulbar, Helmi merasa prihatin melihat kondisi masyarakat yang terdampak.

Gedung-gedung perkantoran dan rumah warga, banyak yang roboh dan tidak layak untuk dihuni kembali.

Bahkan Helmi mengatakan masih sering terjadi getaran getaran kecil di sana, sehingga rombongan Polda NTB menginap di tenda roder yang disiapkan di halaman Mako Polda Sulbar. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler