ISEA 2024 Siapkan Penghargaan untuk Selebritas dan Atlet Berprestasi

Selasa, 04 Juni 2024 – 15:10 WIB
Konferensi pers menjelang Indonesian Sports & Entertainment Awards (ISEA) 2024, Senin (3/6). Foto: Dok. RCTI

jpnn.com, JAKARTA - RCTI menghadirkan program penghargaan Indonesian Sports & Entertainment Awards (ISEA) untuk pertama kalinya.

Malam puncak ISEA 2024 akan dilaksanakan pada Kamis, 27 Juni 2024 dan disiarkan secara langsung mulai pukul 21.15 WIB dari studio RCTI+, MNC Studios, Jakarta.

BACA JUGA: Lesti Kejora dan Rizky Billar Bintangi Layar Drama di RCTI, Tayang Selama Ramadan

ISEA hadir sebagai wujud penghargaan kepada para atlet Indonesia yang telah berprestasi, dan para selebritis yang memiliki pengaruh positif di dunia olahraga Indonesia.

Sebab, belakangan ini Indonesia mampu meraih prestasi membanggakan di kancah internasional, seperti halnya sepakbola yang sukses melaju hingga ke semifinal Piala Asia U-23, dan bulutangkis di ajang Thomas dan Uber Cup 2024 yang sukses meraih runner-up.

BACA JUGA: Rayakan Halloween, Ismaya Live Siapkan Wicked Wonderland 2024

"Kami berkomitmen mempersembahkan program penghargaan sebagai wujud apresiasi, tahun ini Indonesian Sports & Entertainment Awards digelar untuk pertama kalinya. Kami berharap ISEA bisa memotivasi para atlet dan selebritis untuk terus berprestasi di dunia olahraga, dan mampu berkontribusi dalam perkembangan olahraga untuk menjadi lebih baik lagi,” kata Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI, Senin (3/6).

ISEA 2024 bakal memberikan total 15 penghargaan, yang terdiri dari 9 Kategori Terpopuler, 4 Kategori Terbaik, serta 2 Kategori Spesial.

BACA JUGA: Bring Me The Horizon dan Babymetal Siap Beraksi, Ini Harga Tiket Nexfest 2024

Adapun 9 Kategori Terpopuler di antaranya adalah; Atlet Pria Terpopuler, Atlet Wanita Terpopuler, Atlet Baru Terpopuler, Pelatih Terpopuler, Atlet Legendaris Terpopuler, Komentator Terpopuler, Selebriti Sporty Pria Terpopuler, Selebriti Sporty Wanita Terpopuler dan Turnamen Sport Terpopuler.

Sementara itu, 4 Kategori Terbaik adalah; Atlet Pria Terbaik, Atlet Wanita Terbaik, Atlet Baru Terbaik dan Pelatih Terbaik.

Para nominator menyambut baik diadakannya ISEA 2024 yang memberikan apresiasi kepada perjuangan atlet yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

“Dengan diadakannya ISEA ini sangat baik dalam membantu dunia hiburan khususnya dunia olahraga, utamanya para atlet perlu diberi apresiasi dan penghargaan karena perjuangannya mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, dan hal tersebut sangat dibutuhkan," beber Yuni Kartika, nominator Komentar Terpopuler.

"Modal utamanya pasti passion, kalau kita tidak suka, maka akan berat dalam menjalani pekerjaan itu. Seperti menjadi presenter atau komentator olahraga dan kita tidak suka dengan olahraga itu. Kalau kita suka, maka segala sesuatu menjadi mudah, seperti menjelaskan nama-nama pemain, statistik, situasi kondisi permainan dalam pertandingan akan terasa mudah,” ungkap Ibnu Jamil, salah satu nominator Komentar Terpopuler.

Tidak hanya Ibnu Jamil, Luna Maya yang masuk dalam nominasi Selebriti Wanita Sporty Terpopuler mengatakan dirinya harus cinta dengan olahraga dan menjadi rutinitas dalam kehidupan sehari-hari.

“Pada dasarnya kita harus suka dengan apa yang kita lakukan, olahraga harus menjadi kebutuhan serta menjadi komitmen dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Luna Maya.

Penentuan nominasi dari masing-masing Kategori Terpopuler ISEA tahun ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim Provetic secara daring.

Hasil survei mampu menjaring 1.500 responden yang mewakili kota-kota besar di Indonesia. Kuesioner survei bersifat terbuka dan didesain khusus untuk memastikan nominasi yang mewakili lintas cabang olahraga.

Setelah melalui tahapan data cleaning, survei yang dilakukan Provetic berhasil menjaring ratusan nama atlet dari berbagai cabang olahraga untuk setiap kategori penghargaan

Nama-nama yang paling banyak disebut oleh responden, kemudian direkapitulasi dan direkomendasikan untuk menjadi nominasi ISEA.

Kemudian warganet dapat memilih kembali siapa di antara atlet-atlet tersebut yang paling pantas untuk dianugerahi penghargaan tertinggi.

Penentuan pemenang untuk kategori terpopuler, berdasarkan voting dari pemirsa melalui aplikasi RCTI+ dan Instagram, sedangkan untuk kategori terbaik, pemenang ditentukan oleh dewan panelis yang terdiri dari public figure, selebritis, atlet legenda, media, wartawan olahraga dan kritikus olahraga.

Sejumlah atlet serta selebritas yang masuk nominasi ISEA 2024 di antaranya, Raffi Ahmad, Shin Tae-yong, Rafael Struick, Anthony Sinisuka Ginting, dan lainnya. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler