ISIS Picu Kerusuhan di Penjara Tajikistan

Rabu, 22 Mei 2019 – 07:37 WIB
Penjara Houthi. Foto:Islammedianalysis

jpnn.com, DUSHANBE - Keluarga tahanan yang mendekam di Penjara Vakhdat, Tajikistan, resah. Senin (20/5) mereka berbondong-bondong ke lembaga pemasyarakatan yang menampung sekitar 1.500 narapidana tersebut.

Tujuannya satu, mencari tahu apakah keluarga mereka ikut menjadi korban kerusuhan yang terjadi Minggu malam (19/5).

BACA JUGA: Menjelang Buka Puasa Densus 88 Tangkap Terduga Jaringan Teroris di Bogor

Dilansir AFP, sekelompok tahanan pendukung ISIS membunuh tiga sipir dengan pisau. Mereka juga membunuh lima tahanan untuk mengintimidasi penghuni lainnya.

Fasilitas medis dibakar dan beberapa narapidana dijadikan sandera. Baku tembak dengan penjaga lapas yang bersenjata tak bisa terelakkan. Sebanyak 24 anggota ISIS akhirnya ditembak mati.

BACA JUGA: Eks Jagoan IT ISIS Pengin Pulang ke Tanah Air, Ini Respons Polri

"Para tawanan dapat dibebaskan dan situasi kembali terkendali," bunyi pernyataan Kementerian Kehakiman Tajikistan.

BACA JUGA: Eks Jagoan IT ISIS Pengin Pulang ke Tanah Air, Ini Respons Polri

BACA JUGA: Polisi Ledakkan Bom Rakitan Milik Terduga Teroris di Babelan

Salah seorang pemimpin kericuhan adalah Bekhruz Gulmurod. Dia merupakan putra mantan pemimpin pasukan khusus Tajikistan Gulmurod Khalimov. Pada 2015, Khalimov bergabung dengan ISIS. Dia terbunuh di Syria tiga tahun lalu.

Bekhruz mencoba mengikuti jejak ayahnya. Dia berencana pergi ke Syria lewat Istanbul sebelum akhirnya ditangkap. Bekhruz ditahan saat masih di bandara.

Pengadilan menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara Juli 2017. Tidak diketahui apakah dia ikut terbunuh dalam baku tembak di penjara ataukah masih hidup.

Dua orang tahanan yang dibunuh anggota ISIS itu adalah aktivis anggota kelompok oposisi Islamic Renaissance Party of Tajikistan (IRPT).

Pada 2015 lalu, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon melarang kelompok tersebut berdiri. Satu korban lainnya adalah salah seorang ulama yang pernah menyerukan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah. (sha/c22/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Imbas Teror Paskah, Puluhan Rumah dan Toko Warga Muslim Sri Lanka Dirusak


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
ISIS   Kerusuhan   Penjara   Tajikistan  

Terpopuler