Israel Gempur Gaza, Jokowi Segera Temui Dubes Palestina

Kamis, 10 Juli 2014 – 16:38 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Calon presiden (capres) Joko Widodo menyampaikan sikapnya terkait penderitaan warga Palestina yang tengah dibombardir angkatan bersenjata Israel. Pria yang dikenal dengan sebutan Jokowi itu meminta kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar lebih proaktif membela Palestina di forum-forum internasional.

Jokowi mengatakan, Palestina memiliki arti penting bagi Indonesia. Sebab, negeri yang termasuk dalam Liga Arab itu tercatat sebagai negeri yang pertama kali mengakui mendukung kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA: Demokrat: Tuhan yang Menentukan Pemenang Pilpres, Bukan KPU

“Karena itu kami meminta dengan hormat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  untuk berperan aktif membela bangsa Palestina dalam forum-forum internasional,” kata Jokowi dalam jumpa pers di media center JKW4P di Jakarta Pusat, Kamis (10/7).

Selain itu Jokowi juga meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa agar bertindak tegas terhadap Israel. “Kami minta PBB segera meminta Israel menghentikan serangan ke Palestina,” cetusnya.

BACA JUGA: Tak Larut Quick Count, Koalisi Merah-Putih Janji Bantu Palestina

Selain itu, Jokowi juga akan memberikan dukungan ke Palestina melalui duta besarnya di Jakarta. “Saya berteman baik dengan dubes Palestina. Saya akan segera sampaikan dukungan,” ucapnya.

Sedangkan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Jokowi, Jusuf Kalla mengharapkan perdamaian bisa segera terjadi antara Palestina dan Israel. Sebab, konflik itu sudah berpuluh-puluh tahun.

BACA JUGA: Ogah Manipulasi Data, Poltracking Menuai Pujian

Meski demikian JK -sapaan Jusuf Kalla- juga setuju dengan peran lebih pemerintah Indonesia dalam memperjuangkan Palestina. “Kita buka kedutaan di Palestina supaya bisa berperan lebih,” ucapnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasca-pilpres, Kondisi Kamtibmas Ibarat Hamil Tua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler