Istana Bantah Isu Kaesang Bermewah-mewahan dan Dapat Fasilitas Jet Pribadi

Rabu, 18 September 2024 – 19:02 WIB
Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/Presidential Communication Office (PCO) Hasan Nasbi memberi keterangan pers di Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Kamis (22/8/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/Presidential Communication Office Hasan Nasbi membantah isu tentang gaya hidup Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep yang bermewah-mewahan dan mendapat fasilitas pesawat jet pribadi.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun X yang dikutip di Jakarta, Rabu, Hasan memaparkan bahwa Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, menggunakan pesawat komersial di kelas ekonomi seusai menghadiri upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di IKN pada 17 Agustus lalu.

BACA JUGA: Polemik Jet Pribadi, Beda Pengakuan Kaesang & Budi Arie, Yaelah

"Mas Kaesang itu terbang ke Jakarta dari sana (IKN) terbang ke Jakarta karena tanggal 18 (Agustus) dia mau ke Amerika, mau numpang pesawat teman ke Amerika ya Mas Kaesang itu naik pesawat kelas ekonomi," kata Hasan Nasbi dalam video podcast tersebut.

Hasan mengatakan bahwa di dalam pesawat ekonomi yang ditumpangi Kaesang, terdapat kelas bisnis yang ditempati oleh para menteri, salah satunya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta kepala lembaga/badan pemerintah dan Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno.

BACA JUGA: Deddy PDIP Sebut Klarifikasi Kaesang soal Jet Pribadi Cuma Gimik

Ia menceritakan bahwa Iman Brotoseno sempat bolak-balik ke kelas ekonomi untuk menanyakan dan menawarkan bertukar tempat duduk kepada putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

"Dia tawarkan kursi dia karena dia enggak enak Kaesang di belakang di kelas ekonomi sementara ada menteri, ada direktur TVRI, ada kepala badan atau di kelas bisnis, Mas Kaesang naik ekonomi," katanya.

BACA JUGA: Jubir Kaesang Pastikan Jumlah Penumpang Jet Pribadi 8 Orang

Menurut Hasan, jika Kaesang memiliki gaya hidup bermewah-mewah, ia tidak akan menggunakan pesawat komersial dan duduk di kelas ekonomi.

Kaesang, kata Hasan, bisa meminta seseorang untuk menjemputnya menggunakan pesawat jet pribadi dari IKN menuju Jakarta, sebelum terbang menuju Amerika Serikat pada 18 Agustus 2024.

Dalam kesempatan sebelumnya, Kaesang juga pernah menggunakan pesawat komersial Citilink dari Medan ke Jakarta.

Hasan pun mempersilakan publik untuk membuka manifest daftar penumpang untuk memastikan Kaesang juga menggunakan pesawat komersial pada 14 Agustus 2024 dari Medan menuju Jakarta.

Adapun ketika ke Amerika Serikat pada 18 Agustus 2024, Kaesang menumpang pesawat jet pribadi milik temannya.

Dalam perjalanan itu, mereka sempat singgah ke beberapa kota karena mengikuti jadwal teman Kaesang yang memiliki pesawat jet tersebut.

"Karena Mas Kaesang rencananya mau berangkat ke Amerika itu tanggal 20 Agustus, tapi karena ada teman yang mau berangkat tanggal 18 (Agustus), teman ini menawarkan ya dia naik tanggal 18 (Agustus). Artinya bukan teman ini yang menyesuaikan jadwalnya Kaesang, tapi Kaesang menyesuaikan jadwal kawan ini," kata Hasan.

Sebelumnya Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono mendapat banyak sorotan di media sosial, salah satunya mengenai penggunaan jet pribadi ketika melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Dugaan gratifikasi itu diperbincangkan warganet, seperti di media sosial X, setelah istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah pemandangan dari dalam jet pribadi melalui media sosial Instagram. (ant/dil/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler