Deddy PDIP Sebut Klarifikasi Kaesang soal Jet Pribadi Cuma Gimik

Rabu, 18 September 2024 – 17:09 WIB
Deddy Sitorus mengemukakan pandangannya soal perubahan sikap Jokowi setelah Pilpres 2019 dalam diskusi bertajuk '26 Tahun Reformasi Dihancurkan Presiden RI Jokowi` di Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (31/7). ilustrasi. Foto Instagram/@deddyyevrisitorus

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Deddy Yevri Sitorus menilai langkah Ketum PSI Kaesang Pangarep untuk klarifikasi soal jet pribadi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai trik semata.

"Ya kalau menurut saya itu gimik saja," kata Deddy kepada awak media, Rabu (18/9).

BACA JUGA: Sebegini Nilai Jet Pribadi yang Kaesang Laporkan ke KPK, Hmm

Sebab, legislator DPR RI itu meragukan alasan Kaesang yang mengaku nebeng ketika putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu menumpangi jet pribadi.

Deddy menyebut Kaesang seharusnya berani menunjukkan manifes jet pribadi setelah proses klarifikasi di KPK, termasuk stempel imigrasi.

BACA JUGA: Penjelasan KPK Soal Kehadiran Kaesang bin Jokowi Setelah Ramai Isu Gratifikasi

"Kalau betul dia hanya nebeng, tunjukin dong manifes pesawatnya. Manifes penumpang. Iya, toh, tunjukkan, dong, bisanya bahwa benar ada untuk tanggal sekian distempel oleh imigrasi kita. Tunjukin, dong, fotonya," ujar eks aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) itu.

Toh, kata Deddy, KPK juga tidak terbuka ke publik setelah proses klarifikasi, termasuk untuk menunjukkan manifes jet pribadi.

BACA JUGA: Kaesang Datangi KPK, MAKI: Ini Bisa Menjadi Teladan

"Seharusnya KPK tunjukin, dong, ini klarifikasi dari Kaesang, benar dia hanya diajak nebeng. Ini manifes penumpangnya. Ini cap imigrasinya yang ada di pesawat. Itu klir," ujarnya.

Dia mengatakan tanpa ada keterbukaan ke publik menjadi wajar langkah Kaesang datang ke KPK pada Selasa (17/7) kemarin sebagai pencitraan belaka.

"Enggak salah juga, kan, orang nebeng, tetapi kalau hanya gimik-gimik saja, kan, KPK artinya dipakai untuk membersihkan citra seseorang dan itu enggak bagus," kata Deddy.

Kaesang sebelumnya menyambangi Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa kemarin.

Youtuber itu datang dengan didampingi sejumlah orang, salah satunya Sekjen PSI Raja Juli Antoni, saat mendatangi Gedung lama KPK itu.

Nama Kaesang memang menjadi sorotan banyak pihak karena unggahan sang istri Erina Gudono yang memotret jendela pesawat jet pribadi.

Kaesang dan Erina diduga menggunakan jet pribadi untuk berangkat dari Indonesia menuju Amerika Serikat (AS).

Penggunaan jet pribadi itu diketahui lantaran Erina mengunggah sebuah foto di dalam pesawat terbang dengan jendela berbentuk oval.

Warganet lalu menelusuri pesawat tersebut, dan menduga bahwa itu merupakan jet pribadi Gulfstream G650E milik perusahaan asal Singapura, Garena. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler