Italia Tawarkan Kerjasama Buat Kapal, Rizal Ramli: Gandeng Perusahaan Lokal!

Senin, 09 November 2015 – 20:31 WIB
Ilustrasi industri galangan kapal. Foto: SNSNautical.com

jpnn.com - JAKARTA - Kabar baik untuk bidang maritim Indonesia. Italia akan membantu membuatkan kapal. Hal itu muncul setelah Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengadakan pertemuan dengan Menteri Pembangunan Ekonomi Republik Itali H.E.Frederica Guidi di kantornya, Jakarta, Senin (9/11).

Banyak hal yang dibicarakan keduanya. Salah satunya  membangun kerjasama di bidang kelautan dan perikanan. Terutama dalam pembuatan kapal. Kerjasama tersebut seperti gayung bersambut. Sebab, tahun depan, Indonesia berencana membuat ratusan unit moda transportasi laut tersebut.

BACA JUGA: Gara-gara Ini, Kinerja Pelindo III Terganggu

Mantan kepala Bulog itulantas mengajukan sebuah persyaratan. Perusahaan Italia harus mau bekerja sama dengan galangan kapal Indonesia. “Kalau mereka mau, mereka harus menggandeng perusahaan kita,” kata Rizal.

Menurut pria berkacamata ini, jika Italia hanya mendatangkan begitu saja kapal dari negaranya, Indonesia tidak akan mendapatkan banyak keuntungan.

BACA JUGA: Banyak Gunung Meletus, Pariwisata Bali-Lombok Tetap Pupuk Optimisme

Lain halnya bila Italia mengandeng perusahaan galangan kapal  Tanah Air. Terlebih biaya untuk mendatangkan kapal dari Italia diyakini akan menambah biaya dalam membuat kapal.

"Itu baru Indonesia bisa dapat untung. Kalau cuma didatangkan dari Itali itu mahal," kata mantan menko perekonomian era Gus Dur ini. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Cegah Harga Cengkih tak Anjlok Biar tak Senasib Tembakau

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cihuy... Bayar Tiket Garuda Bisa di Alfamart Lho


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler