Iverson Pindah ke Detroit

Rabu, 05 November 2008 – 16:21 WIB
DETROIT - Musim NBA 2008-2009 baru berjalan seminggu, pertukaran pemain dahsyat sudah terjadiSalah seorang pemain paling populer di liga itu, Allen Iverson, sekarang pindah tim

BACA JUGA: Senna: Honda atau Toro Rosso

Denver Nuggets mengirim bintang berjuluk ''The Answer'' tersebut ke Detroit Pistons, menukarnya dengan tiga pemain: Chauncey Billups, Antonio McDyess, dan Cheikh Samb.

Bagi Nuggets, pertukaran ini bertujuan untuk ''menyegarkan'' semangat tim, sekaligus mengisi kekosongan di berbagai lini


Ketika mendatangkan Iverson dari Philadelphia 76ers pada akhir 2006, mereka berharap dia dan Carmelo Anthony bisa menjadi duet paling maut di NBA

BACA JUGA: Real Madrid Harus Focus Melawan Juventus

Sayang, duet itu bukan hanya memakan ruang gaji begitu besar (mereka berdua dibayar total lebih dari USD 30 juta semusim), tapi juga tidak semaut yang diharapkan.

Dalam dua musim terakhir, Nuggets memang mampu masuk playoff
Tapi tak pernah banyak berkutik, selalu tersisih di ronde pertama.

Dengan mengirim Iverson ke Pistons, Nuggets kembali memfokuskan pengembangan tim lewat Anthony yang masih muda (23 tahun)

BACA JUGA: Lewis Hamilton setelah Menjadi Juara Dunia 2008

Posisi Iverson sebagai shooting guard digantikan J.RSmith, yang sebelum ini pertumbuhannya terhambat sebagai pemain cadangan.

Billups, 32, bakal mengisi kekosongan besar di posisi point guardMantan most valuable player (MVP) pada final NBA 2004 itu dikenal sebagai jenderal lapangan yang matang, dan punya kemampuan menembak jarak jauh mematikanSebagai bonus, Billups juga berasal dari Kota Denver, sehingga bakal mendapat sambutan hangat dari pendukung Nuggets.

Kalau McDyess, pada 1990-an sudah menjadi bintang NuggetsDan dia bakal memperkukuh barisan big man Nuggets, yang agak rapuh setelah tim itu mengirimkan Marcus Camby ke Los Angeles Clippers.

Di sisi lain, Iverson diharapkan bisa memberi dampak jangka pendek sekaligus jangka panjang untuk Pistons.

Setelah enam tahun berturut-turut minimal masuk final wilayah, Pistons memang bukan tim yang merosotNamun, bos tim Joe Dumars sejak musim lalu sudah menginginkan perubahan untuk mendongkrak performa dan mengembalikan gairah tim.

Iverson dikenal sebagai pemain yang selalu tampil ''berapi-api'' di lapanganKemampuan scoring-nya juga tidak dimiliki seluruh pemain Pistons yang lainDumars yakin, kehadiran Iverson tidak akan memperburuk kondisi timToh, mereka sudah punya Rodney Stuckey, yang dalam setahun terakhir sudah disiapkan sebagai jenderal lapangan pengganti Billups.

''Kami merasa ini waktu yang tepat untuk merombak timIverson akan memberi kami dimensi baru yang tidak pernah kami milikiKami yakin dia akan banyak membantu kami,'' tegas Dumars sebagaimana dilansir Associated Press.

Dan seandainya Iverson, 33, tidak banyak membantu musim ini, dia juga bukan problem jangka panjangKontrak Iverson berakhir di pengujung musim 2008-2009 ini, dengan nilai hampir USD 22 juta (Rp 220 miliar)Kalau tidak cocok, Pistons tak perlu memperpanjang kontrak ituDan kalau tidak memperpanjang, Pistons punya kekuatan finansial untuk merebut superstar lain.

Bahkan, ada yang bilang bahwa Pistons akan bersabar sampai 2010 nantiKetika tahun itu tiba, Pistons akan menggunakan ruang gaji yang tersedia untuk menarik para bintang terbesarPada 2010 itu, sejumlah bintang memang terbebas dari kontrakDi antaranya, LeBron James, Dwyane Wade, dan Chris Bosh.

Iverson sendiri tidak merasa pusing dengan pertukaran iniSatu-satunya yang merepotkan, tegas dia, adalah harus memindahkan keluarga lagi dari satu kota ke kota yang lain.

''(Pertukaran) ini tidak mengganggu sayaBasket adalah basketIni tidak akan mengganggu permainan sayaSebab, saya hanya tahu satu cara untuk bermain, yaitu dengan memberikan segalanya, memperlakukan setiap pertandingan seperti pertandingan saya yang terakhir,'' tegasnya(aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lewis Hamilton setelah Menjadi Juara Dunia 2008


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler