Izin dari Polisi Belum Turun

Kick-off ISL Besok

Jumat, 04 Januari 2013 – 08:36 WIB
JAKARTA - Indonesia Super League (ISL) 2013, kompetisi kasta tertinggi di bawah kendali PT Liga Indonesia, sedianya akan dimulai besok (5/1).

Secara simbolis, pertandingan antara tim juara bertahan Sriwijaya FC melawan Persiba Balikpapan di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, akan membuka liga yang diikuti 18 klub tersebut. Namun, start ISL terancam mundur karena sampai tadi malam (3/1), izin dari kepolisian turun.

Sekretaris Panpel Sriwijaya Faisal Mursyid membenarkan bahwa sampai tadi malam pihaknya masih belum memegang izin pertandingan dari Polresta Pelembang. Namun, dia yakin laga pembuka akan digelar tepat waktu.

"Menurut penjelasan dari Polresta, izin menunggu dari Mabes Polri dan Polda Sumatera Selatan. Tapi, kami yakin akan turun, rekomendasi dari BOPI sudah ada kok," kata Faisal.      

Faisal optimistis laga akan tetap terlaksana karena tim Persiba juga sudah tiba di Palembang. Bahkan, pada pagi ini, baik Sriwijaya maupun Persiba dijadwalkan menjalani sesi uji coba lapangan.

"Mau berubah atau tidak, yang terpenting panpel lokal sudah siap. Tidak ada masalah lagi, tinggal bertanding saja," tandas Faisal.

Selain menyiapkan semua hal terkait pertandingan, panpel Sriwijaya FC juga akan menyuguhkan beberapa pertunjukan sebelum kick-off. Salah satunya adalah performa band papan atas tanah air, Slank. Untuk panggung Slank, tribun di sisi utara Stadion Gelora Jakabaring akan dikosongkan. Alhasil, di antara kapasitas maksimal 40 ribu stadion itu, hanya 25 ribu yang bisa diisi penonton besok.

Faisal mengungkapkan pihaknya telah mencetak 23 ribu lembar tiket. Alasannya, selain karena tribun ditutup untuk panggung Slank, keputusan Polresta Palembang yang membekukan kelompok suporter juga menjadi pertimbangan. Akibat keputusan itu, dalam pertandingan besok tidak akan ada atribut suporter ataupun kelompok suporter yang memberikan dukungan dengan nyanyian ataupun alat pendukung lainnya.

"Kami yakin tiket akan habis dengan suporter umum. Tapi, suporter tidak boleh membawa atribut. Kalau jersey boleh, tapi dukungan dalam bentuk spanduk, drumband atau nyanyian kelompok supporter masih dilarang," ucapnya.

Selain di Palembang, besok juga ada pertandingan di Bandung antara Pelita Bandung Raya (PBR) melawan klub promosi, Barito Putra. Media officer PBR Budi Kresnadi menyatakan bahwa sejauh ini Panpel sudah sangat siap. Sama seperti panpel Sriwijaya, PBR tinggal menunggu izin dari Mabes Polri untuk pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Untuk tiket, Budi menyebut panpel sudah menyiapkan 12 ribu lembar tiket. Dia berharap banyak tiket yang akan terjual karena PBR adalah tim yang baru terlahir kembali dan masih mencari dukungan dari masyarakat.

"Kami ingin menang, kalau menang, kami yakin dukungan masyarakat akan mengalir sendirinya," ucap Budi. (aam/ang)

ISL Musim 2013
Klub Peserta: 18 klub
Pertandingan: 306 pertandingan

Jadwal kompetisi:
Kick-off : 5 Januari
Jeda kompetisi: 22 April - 3 Mei
Pertandingan terakhir: 7 September
Playoff tim degradasi/promosi: 17-20 September
Perang Bintang: 21 September

BACA ARTIKEL LAINNYA... Duo Brasil Pemain Milan Minta Pulang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler