Izin Garuda Rute Jakarta-Pinangsori Belum Keluar

Sabtu, 08 Februari 2014 – 10:47 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Harapan masyarakat dan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Raja Bonaran Situmeang bahwa maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan mendarat perdana pada 15 Februari 2014, tampaknya belum terwujud.

Pasalnya, hingga kemarin izin Garuda untuk rute Bandara Dr FL Tobing Pinangsori-Halim Perdanakusuma, Jakarta, belum dikeluarkan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BACA JUGA: Kemenhub Segera Bekukan Izin Operasi Merpati

"Belum, kita belum keluarkan izin," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Perhubud) Kemenhub, Herry Bhakti Gumay kepada JPNN di Jakarta, kemarin (7/2).

Apa kendalanya sehingga izin belum juga diterbitkan? Herry Bhakti mengatakan, hal itu terkait rencana pengalihan sejumlah 10 slot rute penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdanakusuma.

BACA JUGA: Bursa Cerah di Akhir Pekan

Herry secara tersirat menyatakan, izin rute Jakarta-Kualanamu-Pinangsori satu paket dengan izin pengalihan penerbangan dimaksud, yang memang juga belum dikeluarkan.

Jadi, kata Herry, terbitnya izin juga tergantung dari kesiapan pihak Garuda sendiri. "Kalau tidak salah (Garuda, red) baru siap pindah ke Halim sekitar bulan April," ujar Herry.

BACA JUGA: Dahlan Janji Pertahankan Merpati

Sebelumnya, Jubir Garuda, Pujobroto menjelaskan, begitu izin dari Kemenhub sudah keluar, Garuda tidak bisa langsung terbang dari Halim. "Persiapan itu butuh maksimal 30 hari setelah slot time disetujui," jelas Pujobroto, beberapa waktu lalu.

Seperti diberitakan, Kamis (6/2) usai menerima kunjungan kerja anggota DPD RI Parlindungan Purba ke Tapteng, Bupati  Bonaran Situmeang menyampaikan bahwa Garuda akan mendarat perdana di bandara FL Tobing pada 15 Februari 2014.

“Informasi yang saya terima dari pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Kepala Bandara Dr FL Tobing Pinangsori, tertanggal 15 Februari, garuda akan terbang perdana dengan rute dari Bandara Kualanamu Medan ke Bandara Dr FL Tobing Pinagsori dan berlanjut ke bandara Halimperdana Kusuma Jakarta,“ kata Bonaran di hadapan para Asisten Pemerintahan, SKPD dan Camat se-Tapteng di ruang rapat Cendrawasi Kantor Pemkab Tapteng.

Menanggapi pernyataan Bonaran itu, Herry Bhakti mengatakan, "Bupati boleh saja ngomong seperti itu, mungkin karena terlalu semangat."

Jadi memang izin rute dimaksud belum keluar? Diminta ketegasan lagi seperti itu, Herry menjawab," Belum, belum."

Lantas, kapan kiranya dikeluarkan izinnya? "Nah, tergantung kesiapan Garuda sendiri. Jadi sebaiknya tanya langsung Garuda," ujarnya. (sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilot Merpati, Siap-siap Nyebrang Ke Garuda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler