JA Gandeng JSI, HATI Perhitungan Manual

Rabu, 27 Maret 2013 – 02:24 WIB
PALOPO -- Warga Palopo, Sulawesi Selatan akan menentukan pemimpinnya Rabu (27/3) hari ini. Dua pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota berebut simpati dan dukungan 112.112 pemilih. Kedua pasangan itu adalah pasangan HM Judas-Akhmad Syarifuddin (JA) dan pasangan Haidir-Thamrin (HATI).
   
Pemilihan wali kota hari ini merupakan pemilihan putaran kedua. Pada putaran pertama 22 Januari lalu, tidak ada pasangan calon yang memperoleh 30 persen suara. Pasangan HATI yang diusung koalisi PKS, PPP, PKB, dan PKPB mengumpulkan 19.561 suara (24,56%) suara sedangkan Judas yang diusung koalisi PDP, PNBK, PPDI, Kedaulatan, Gerindra, dan PPD meraih 19.489 suara (24,47 persen).
   
Dalam putaran kedua ini, kedua pasangan sama-sama optimis. Pasangan JA juga semakin percaya diri karena mendapat dukungan dari Partai Golkar. Begitu juga pasangan HATI sudah mengantongi dukungan dari Partai Demokrat. Pada putaran pertama lalu, calon yang diusung Golkar dan Demokrat meraih suara yang tidak signifikan.
   
Calon Wali Kota Palopo, Judas Amir mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng lembaga untuk penghitungan karena untuk memastikan lebih cepat perolehan suaranya. “Sebelumnya yang digandeng lembaga Celebes Reaserch Centre (CRC). Namun kali ini kami menggandeng Jaringan Suara Indonesia,” kata Judas.
   
Judas hanya meyakini kalau masyarakat Kota Palopo merupakan pemilih cerdas dan pintar sehingga pastinya akan memilih calon yang tidak macam–macam. “Saya ini sudah dua tahun bekerja untuk Kota Palopo, sehingga semua warga Kota Palopo sudah mengenal Judas Amir, baik itu langkahnya jika ia berjalan,” bebernya.
   
Untuk itu, sebut dia, dirinya akan melakukan zikir di rumah dan posko pemenangnya. “Janganmi dulu saya komentari soal kalah dan menang dek. Besok kita lihat saja sama-sama hasilnya,” tandas Judas.
    
Berbeda dengan paslon HATI. Menurut DPC Demokrat Kota Palopo, Hamka Hidayat, pihaknya tidak akan menggandeng lembaga penghitungan cepat. “Tetap ada penghitungan cepat tapi internal saja,” aku Hamka.
    
Meski demikian, sebut dia, dirinya yang merupakan relawan lembaga Celebes Reaserch Centre (CRC) juga tetap akan melakukan quick count. “CRC tetap melakukan penghitungan cepat tapi secara independen dan disiarkan live di salah satu TV lokal Makassar,” jelasnya.
   
Komisioner KPU Kota Palopo, Andi Cendra ketika dikonfirmasi menyatakan, kedua pasang kandidat yang akan bertarung pada pilwalkot putaran ke-2 juga terdaftar sebagai pemilih di Kota Palopo. Berbeda dengan kontestan pada putaran pertama lalu, yang mana ada pasangan calon tidak menggunakan hak pilihnya karena tidak bersomisili di Kota Palopo.
   
Calon wali kota Palopo, Judas Amir akan menggunakan hak pilihnya di TPS 6 Kelurahan Benteng. Judas berada satu TPS dengan Ketua KPU Palopo, Maksum Runi. Sedangkan, wakilnya, Akhmad Syarifuddin akan memilih di salah satu TPS di Kelurahan Binturu, Kecamatan Wara Selatan.
   
“Untuk calon wali kota Palopo, Haidir Basir bersama dengan keluarganya akan menggunakan hak pilihnya di TPS 1 Malatunrung dan wakilnya, Thamrin Jufri akan memilih di TPS 4 Salekoe. Kita hanya harapkan agar para petugas di TPS dapat melayani para pemilih dengan baik termasuk para kandidat yang bertarung,” imbaunya.
   
Sementara itu, Wali Kota Palopo, HPA Tenriadjeng akan menggunakan hak suaranya di TPS yang sama sebelumnya, yakni TPS 1 Kelurahan Tamarundung, Kecamatan Wara Barat atau di belakang Rumah Jabatan Wali Kota Palopo. Demikian halnya dengan Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) yang akan memilih di TPS 5 Amassangan. Sedangkan untuk Sekda Kota Palopo, Syamsul Rizal Syam akan memilih di TPS 6 Tompotikka. (hdy/pap)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saksi Ahli: Isle of Man Masuk Kategori Negara

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler