Jabar Siaga Darurat Bencana

Selasa, 10 Januari 2012 – 07:57 WIB

BANDUNG‭ ‬-‭ ‬Curah hujan yang tinggi diawal 2012 mengkhawatirkan banyak pihak. Bencana banjir dan longsor diprediksi bakal sulit dihindari. Untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk itu, ‬Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan menetapkan Jabar dalam status siaga darurat bencana.

Status ini  berlaku untuk empat bulan, terhitung sejak‭ ‬3‭ ‬Januari‭ ‬2012‭ ‬hingga‭ ‬3‭ ‬Mei‭ ‬2012. Kesiapan dana penanggulangan bencana juga telah dialokasikan, yakni sebesar Rp15 miliar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah‭ (‬BPBD‭) ‬Jabar,‭ ‬Sigit Udjwalprana mengatakan,‭ status siaga bencana banjir dan tanah longsor itu ditetapkan Gubernur pada Selasa‭ ‬3‭ ‬Januari‭ ‬2012, dengan ‭surat Nomor‭ ‬360/01/BPBD

"Selain alokasi dana,‭ ‬BPBD Jabar juga sudah menginstruksikan agar seluruh personil dari PMI,‭ ‬Basarnas dan petugas di BPBD tingkat kabupaten/kota bersiaga terkait status siaga darurat bencana di Jabar," terangnya.

Dia menjelaskan, ‬sepanjang tahun‭ ‬2012‭ ‬ini Pemprov Jabar mengalokasikan dana Rp‭ ‬75‭ ‬miliar untuk siaga bencana di luar dana Rp‭ ‬15‭ ‬miliar untuk status siaga darurat bencana.‭ ‬Ia berjanji,‭ ‬surat pernyataan status siaga darurat bencana tersebut akan langsung disosialisasikan kepada semua stakeholder dan masyarakat di Jabar.

‏Menurutnya,‭ ‬surat status siaga darurat bencana akan sosialisasikan kepada masyarakat.‭ "‬Kita juga akan tempel di kantor-kantor dan kita serahkan kepada OPD terkait,‭" ‬ujarnya.

‏Sigit menjelaskan,‭ ‬ketetapan itu hasil dari rapat dan fasilitasi penanggulangan bencana pada‭ ‬22‭ ‬Desember‭ ‬2011‭ ‬dengan BMKG,‭ ‬BPBD kabupaten/kota se-Jabar dan lembaga terkait untuk antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi prediksi adanya peningkatan curah hujan hingga Maret‭ ‬2012‭ ‬yang dapat menimbulkan potensi bencana banjir dan tanah longsor di Jabar.‭ "‬Maka ditetapkanlah status siaga darurat bencana,‭" ‬terangnya. (ris/sam/jpnn‭)
BACA ARTIKEL LAINNYA... NRFPB Sambut Baik Dialog Jakarta-Papua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler