Jabar Tuan Rumah PON 2016

Sisihkan Banten, Siapkan Bangun Venue Baru

Rabu, 28 April 2010 – 13:05 WIB
JAKARTA - Tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 telah dipastikanJawa Barat (Jabar) akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai tuan rumah multieven olahraga tertinggi di tanah air tersebut

BACA JUGA: Barca Super Pede

Kepastian itu terkuak dalam rapat anggota KONI 2010 yang digeber di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (27/4) kemarin.

Jabar mengalahkan Banten yang menjadi satu-satunya pesaing
Secara keseluruhan, Jabar dianggap memenuhi 16 item yang telah disyaratkan KONI

BACA JUGA: Final Ideal Bayern v Inter

Sementara, Banten tak sanggup memenuhi tiga item, di antaranya ialah mengenai sarana dan prasarana.

"Kami sudah siap 100 persen
Kalau di Riau hanya dimainkan 39 cabor (cabang olahraga), kami sangat siap jika nantinya PON di Jabar akan dipertandingkan 43 cabor," terang Ahmad Heryawan, Gubernur Jabar, setelah daerahnya terpilih kemarin.

Setelah dipastikan terpilih, Jabar bahkan bakal langsung bergerak cepat

BACA JUGA: Moratti Kecam Barcelona

Di antaranya ialah memperbaiki venue-venue pertandingan yang dianggap belum sempurnaSebab, banyak venue di Jabar yang sudah dibangun sejak lamaMisalnya lapangan sepakbola serta kolam renang.

"Karena dibangun sejak lama, tentu butuh beberapa perbaikanSelain itu, kami akan membangun beberapa tempat pertandingan yang baruMisalnya membangun komplek olahraga di Kota Bandung," tambah Ahmad.

Jabar juga bakal membangun Sarana Olahraga (SOR) di kawasan GedebagePemprov Jabar bahkan sudah mengalokasikan dana untuk membangun tempat tersebutTak kurang dari Rp 600 miliar bakal dihabiskan untuk membangun kawasan olahraga tersebut"Mudah-mudahan dana dari pusat juga bisa cairMisalnya Rp 200 miliar dari pusat, sisanya kami gotong royong sendiri," tegas Ahmad.

Dia pun menjamin bahwa sebelum 2015, seluruh venue pertandingan bakal terselesaikanAhmad juga menjamin bahwa para peserta tidak akan mengalami kesulitan berarti selama di BandungMulai dari urusan lalu lintas hingga penginapan"Jabar memiliki banyak penginapanPembangunan jalan juga masih terus berjalan," tandas Ahmad.

Nah, sementara itu, target tinggi pun langsung dikumandangkan Ahmad, setelah Jabar terpilih sebagai tuan rumah PON 2016Jabar bertekad merebut juara umumApalagi selama ini mereka kerap kalah bersaing dengan dua daerah kuat di Indonesia, DKI Jakarta dan JatimPada PON 2008 lalu, Jabar hanya mampu bertengger di posisi keempat dengan koleksi 101 emas, 84 perak, serta 132 perunggu.

Di sisi lain, tuan rumah PON XI 2012, Riau, pun menyatakan sudah siap 85 persen dalam mempersiapkan venue pertandinganNantinya, Riau bakal memfokuskan kegiatan di empat kampusDi antaranya ialah Universitas Islam Riau, serta Universitas Islam Negeri (UIN).

"Kami juga membangun perumahan atlet di kampus-kampusNantinya setelah PON berakhir, asrama tersebut akan kami jadikan sebagai penginapan para mahasiswa," terang Rusli Zainal, Gubernur Riau(ru/ang/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DBL: Smansa Samarinda Melaju


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler