Jacksen: Pemain Jangan Merasa Aman

Lawan Filipina Belum Pasti

Selasa, 23 Juli 2013 – 04:26 WIB
Pelatih Timnas Jacksen F Tiago. Foto: Ricardo/JPNN
JAKARTA - Perubahan skuad yang dilakukan pelatih Timnas Jacksen F Tiago memang membawa peningkatan dalam permainan Timnas lawan Liverpool, Sabtu (20/7) lalu. Namun, dia menegaskan bahwa materi yang diimilikinya saat ini belum sepenuhnya paten dan masih mungkin dilakukan perubahan.

Jacksen mengakui bahwa timnya saat ini sudah mulai menemukan pemain-pemain inti di beberapa posisi yang dinilai pas. Mayoritas komposisi pemain yang menurutnya akan menjadi kekuatan untuk menghadapi Tiongkok pada 15 Oktober mendatang dalam laga lanjutan Pra Piala Asia 2015 sudah ada di tangan.

"Sekarang kami sudah ada 80 persen pemain sebagai kerangka tim utama," kata lelaki yang juga pelatih Persipura Jayapura tersebut.

Jacksen mengakui jika komposisi melawan Liverpool sudah cukup bagus karena anak didiknya bisa menjalankan strategi dengan baik. Tapi, dia meminta para pemain itu tidak puas terlebih dahulu dengan apa yang telah ditampilkannya.

Alasannya, lanjut Jacksen, posisi mereka belum aman seluruhnya untuk mengisi tim proyeksi PPA 2015. Jacksen masih akan melihat perkembangan tim dalam laga uji coba yang akan dijalani melawan tim Filipina pada 14 Agustus mendatang dan beberapa laga uji coba lainnya dengan tim yang selevel.

"Yang jelas jelas saya sebagai pelatih tetap terbuka dengan pemain-pemain lain. Saya pun mengganti beberapa pemain agar mereka tidak merasa aman dan berusaha untuk terus meningkatkan level permainannya," ucap pelatih asal Brazil tersebut.

Saat ini, Timnas senior di bawah arahan Jacksen sedang rehat. Pemain baru akan dipanggil kembali untuk menghadapi Filipina dan berumpul di Jakarta pada 10 Agustus mendatang, untuk kemudian bertanding pada 14 Agustus di SUGBK.

Jacksen sendiri sudah berkomunikasi dengan Badan Tim Nasional (BTN) dan PSSI untuk mendapatkan lawan yang selevel. Selain Filipina, Skuad Garuda juga sedang menjadwalkan waktu uji coba melawan Timor Leste, Vietnam, dan Hong Kong.

"Kalau melawan klub-klub besar, level kita tidak seimbang. Karena itu perlu lawan dengan level yang seimbang untuk mengembalikan performa anak-anak," tandasnya.

Sementara itu, BTN sampai kemarin belum bisa memastikan jadwal uji coba pasti kontra Filipina. Pasalnya, pada tenggat FIFA Matchday antara 10-14 Agustus, Filipina belum memberi kepastian apakah mau bertanding pada 14 Agustus.

"Filipina mintanya 10 Agustus. Anak-anak tentu minta libur, masih lebaran. Kalau 14 Agustus mungkin bisa, tapi Timnas kumpul 11 atau 12 Agustus. Nah ini Filipina masih mencari slot tanggal, belum ada kepastian," terang Sekretaris BTN Sefdin Saifudin. (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usia 39 Tahun, Marcus Camby Ingin ke Rockets

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler