Jadi Penopang Krisis, Usaha Mikro Harus Diprioritaskan

Selasa, 25 September 2012 – 01:35 WIB
Sekretaris Partai Golkar DKI Jakarta H Zainudin MH SE saat membuka Gerakan Ayo Bangkit (GAB) untuk pengusaha kecil untuk wilayah DKI Jakarta di Graha Wisata Ragunan, Senin (24/9). Foto: Getty Images
JAKARTA - Partai Golkar kembali melanjutkan program pemberdayaan Usaha Kecil di seluruh Indonesia. Program yang diberi nama Gerakan Ayo Bangkit (GAB) yang diprakarsai oleh Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Sekretaris Partai Golkar DKI Jakarta H Zainudin MH SE secara resmi membuka GAB untuk pengusaha kecil untuk wilayah DKI Jakarta di Graha Wisata Ragunan, Senin (24/9).

"Pemberdayaan usaha kecil dengan memberikan pelatihan dan pendampingan sangat mutlak diperlukan, karena pengusaha kecil adalah tulang punggung ekonomi negara," ungkap Zainudin dalam sambutannya.

Diakuinya, di saat Indonesia mengalami resesi ekonomi, dimana pengusaha besar banyak yang gulung tikar, pengusaha kecil malah tidak terimbas dari dampak resesi ekonomi.

"Pengusaha kecil malah menjadi penopang perekonomian negara saat negara sedang mengalami krisis ekonomi, sementara pengusaha kelas kakap banyak yang bangkrut," tandas Zainudin yang juga anggota DPRD DKI Jakarta ini.

Zainudin mengatakan, programAburizal Bakrie tetap berkomitmen untuk mendukung peningkatan skill usaha dan insentif pengembangan usaha bagi sejumlah pengusaha kecil di propinsi DKI Jakarta.

"Para pengusaha kecil tersebut dinominasikan oleh berbagai kelompok masyarakat,serta diseleksi oleh panitia seleksi independen yang dibentuk GAB. Bagi yang terpilih, akan mengikuti serangkaian kegiatan meliputi kursus sehari tentang pengelolaan dan pengembangan usaha, distribusi buku pengembangan usaha dan mendapat konsultasi dan insentif pengembangan usaha," papar Zainudin lagi.

Dikatakan oleh Zainudin, progam pemberdayaan usaha kecil menekankan peningkatan wawasan dan keterampilan usaha para pengusaha mikro dan tidak memberikan pelayanan keuangan.

"Pelayanan keuangan seperti simpan pinjam telah banyak disediakan melalui program pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat, lembaga perbankan dan berbagai lembaga keuangan mikro," tandasnya. (awa/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Oktober, BI Perketat Ekspansi Bank

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler