Jadi Penyeimbang Hidup

Olivia Culpo soal Titel Miss Universe 2012

Jumat, 01 Februari 2013 – 09:02 WIB
Miss Universe 2012 Olivia Culpo saat jumpa pers menjelang malam penganugerahan Puteri Indonesia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, kemarin (31/1). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos
JAKARTA – Miss Universe 2012 Olivia Culpo baru satu setengah tahun lalu menjajal kontes kecantikan. Namun, gara-gara aktivitas barunya tersebut, dia merasa hidupnya kini seimbang.

Perempuan 20 tahun itu tumbuh sebagai gadis penyuka penelitian yang lebih banyak berada di balik buku tebal. Tapi, sekarang dia harus tampil di hadapan banyak orang dan berbicara tentang pentingnya penampilan.

Keterlibatan putri pasangan Peter Culpo dan Susan Culpo itu di dunia kecantikan berawal ketika dia mengikuti pemilihan Miss Rhode Island 2012.

Dari Miss Rhoda Island, lalu terpilih menjadi Miss USA, hingga dinobatkan menjadi Miss Universe, Culpo menikmati semua prosesnya. Bahkan, dia menyatakan bahwa apa yang dialaminya tersebut ingin dibagi ke semua perempuan.

Menurut anak ketiga di antara lima bersaudara itu, dirinya terlahir di keluarga musisi. Itulah mengapa dia jatuh cinta kepada cello dan tertarik mengasah kemampuannya memainkan alat musik gesek tersebut.

Di sekolah Culpo juga bukan tipe murid populer yang langganan menjadi ratu pesta dansa. Dia justru tipe pelajar yang ’’nerd’’. Dia termasuk kutu buku dan menyukai hal yang berhubungan dengan penelitian.

Tapi, setelah menjadi Miss Universe 2012, dia merasa memiliki keseimbangan. Sebab, kini dia bisa menunjukkan kepada semua orang bahwa dirinya adalah perempuan yang bisa menunjukkan kecantikannya melalui hal positif.

’’Sekarang pun saya masih menyukai hal-hal yang berbau research. Tapi, sekarang saya ratu kecantikan juga,’’ katanya sambil menunjuk mahkota di kepalanya.

Proses perubahan dirinya itulah yang ingin dibagikan Culpo kepada perempuan lain. ’’Semua perempuan di dunia ini pasti pernah merasa nggak nyaman dengan diri sendiri. Merasa bahwa orang lain lebih cantik. Merasa bahwa kita tidak mungkin bisa menjadi ratu kecantikan. Betul kan?’’ katanya ketika ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, kemarin (31/1).

Tapi, lanjut dia, dengan bekerja keras dan berperilaku yang baik, dirinya membuktikan bahwa semua bisa diwujudkan. ’’Apa pun bisa diwujudkan. Itu yang dipelajari dari proses yang saya alami. Dan saya ingin mengatakan itu kepada semua orang,’’ ungkapnya.

Mahasiswa Boston University itu juga mengatakan, jika percaya diri dengan apa yang sudah ada pada diri kita, mau jadi apa pun bisa. Tidak ada lagi perasaan iri atau minder melihat perempuan lain. ’’Justru perbedaan yang ada pada diri setiap perempuan yang membuat kita menjadi cantik,’’ tegasnya.

Nanti malam Culpo menghadiri Grand Final Pemilihan Putri Indonesia 2012–2013 di JCC. Selain itu, dia akan melakukan beberapa kegiatan di Jakarta, kemudian terbang ke beberapa daerah.

Culpo dan Putri Indonesia terpilih bakal mengunjungi Surabaya, Bali, dan Jogjakarta. Dari Jogjakarta, dia akan kembali ke Jakarta dan pulang ke AS pada 10 Februari mendatang. (jan/c4/any)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inginkan Hak Asuh, Yulia Yakin Bakal Dikabulkan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler