Jadi Petani Zaman Now, Bisa Ambil KUR, Pakai Teknologi, dan Berangkat Ke Korsel untuk Pelatihan, Mau?

Jumat, 23 Juli 2021 – 08:22 WIB
Salah satu teknologi pertanian yang digunakan petani milenial. Ilustrasi: Hortikultura

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melatih 100 petani milenial.

Mereka akan diberangkatkan ke Korea Selatan untuk menjalankan misi magang.

BACA JUGA: Keren! Petani di Jambi Sekarang Bisa Langsung Mengekspor Dua Komoditas Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan sumber daya Indonesia yang begitu melimpah membuka banyak peluang bisnis pertanian. Keterlibatan generasi milenial dalam rangka mendukung, mengembangkan, serta memajukan sektor pertanian tentu sangat diperlukan.

“Pertanian perlu sentuhan serta terobosan dari generasi milenial. Untuk mengembangkan kapasitas SDM anak-anak muda kita, Kementan memiliki program magang ke luar negeri. Kami berharap ada transfer knowledge dengan mereka magang di beberapa negara nantinya agar pertanian kita semakin maju, mandiri, dan modern,” kata Mentan SYL.

BACA JUGA: Sebanyak 2.168 THL-TB Penyuluh Pertanian Berpeluang Jadi PPPK dan Upgrade Kompetensi, Keren!

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menuturkan kunci pembangunan pertanian adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

Saat memberikan pengarahan pada pembukaan “Pelatihan dan Pembekalan Calon Peserta Pelatihan/Magang Korea” secara virtual dia juga menyebut pelopor dari pembangunan pertanian adalah petani milenial.

BACA JUGA: Kementan Ajak Petani Tanam Bawang Merah Biji TSS, Menguntungkan dan Berprospek Ekspor

“Kunci pembangunan pertanian ada di tangan petani milenial,” tegas Dedi, Kamis (22/7).

Kendati begitu, Dedi menilai anak-anak muda yang terjun ke sektor pertanian dapat mengembangkan diri agar menjadi pribadi yang profesional, betul-betul mengerti dan paham seluk beluk pertanian dari hulu sampai hilir.

“Sehingga, pertanian tak hanya sekadar tanam-petik-jual, tak hanya sekadar di kebun, on farm, sawah, ladang, dan lain sebagainya, tetapi sesungguhnya, sebelum kita tanam, wajib menyiapkan diri dengan modal. Ingat pertanian itu perlu modal,” tutur Dedi.

Untuk modal, Kementan telah bekerja sama dengan perbankan menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian. Bunganya cukup ringan hanya 6 persen saja. Untuk pinjaman di bawah Rp 50 juta, tak memerlukan agunan.

“Program ini untuk mendukung petani dalam mengembangkan budidaya pertanian mereka,” tutur dia.

Ke depan, Dedi melanjutkan, petani harus berdaya saing. “Petani harus mempunyai adrenaline mencari duit sebanyak-banyaknya di sektor pertanian. Petani milenial bisa membaca peluang dengan baik,” papar Dedi.

Dedi berharap peserta program magang ini menyerap mengambil dan mempelajari seluruh inovasi teknologi yang ada di negara tujuan dengan baik.

“Kalian juga harus mampu meresapi, meniru, bahkan melaksanakan sistem pertanian di sana. Bagaimana caranya menjadi pengusaha petani milenial, bagaimana caranya mengolah tanah, menanam yang bagus, caranya mengolah produk pertanian kita menjadi produk turunan yang menghasilkan duit lebih banyak, bagaimana pula cara pengemasan yang bagus,” tuturnya.

Dedi meminta kepada para peserta magang ke Korea Selatan untuk selalu semangat belajar.

“Kalian harus semangat menjadi petani milenial. Saya ingin tahun depan kalian pulang dari Korea sudah penuh ilmunya, langsung praktik lapangan,” harap Dedi.

Sementara Kepala Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP Kementan Leli Nuryati menambahkan kegiatan ini dalam rangka menyiapkan seratus orang persoapan magang ke Korea Selatan.

“Ini persiapan magang ke Korea Selatan sejumlah seratus orang. nantinya peserta akan diajarkan apa yang harus dilakukan, tujuan kegiatan ini apa, output-nya bagaimana. Peserta juga akan diberikan pelajaran dasar Bahasa Korea Selatan juga dibekali pengetahuan budaya Korea,” ujar Leli. (jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kementan Perkenalkan Kampung Buah Naga Organik Ramah Lingkungan


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BPPSDMP   petani   KUR   teknologi   pelatihan  

Terpopuler