Jadi Tuan Rumah, Malaysia Pincang

Sabtu, 08 Desember 2012 – 15:00 WIB
KUALA LUMPUR - Piala AFF 2012 memasuki babak semifinal. Runner-up grup A Filipina menjamu juara grup B Singapura di Rizal Memorial Stadium Manila pukul 18.00 hari ini (8/12). Besok (9/12), giliran runner-up grup B Malaysia menjamu juara grup A Thailand di Stadion Nasional Bukit Jalil Kuala Lumpur.

Harimau Malaya - julukan timnas Malaysia - diperkirakan tidak bisa tampil full team. Winger muda Wan Zack Haikal diragukan bisa turun. Dia mengalami cedera saat berlatih Rabu lalu (5/12).

Padahal, peran pemain berusia 21 tahun tersebut tergolong vital. Dialah yang mencetak gol kedua saat mengandaskan Indonesia di babak penyisihan grup B. "Dia (Zack) mengeluh sakit pada pahanya," ungkap pelatih Malaysia Krishnasamy Rajagopal sebagaimana diberitakan The Star.

Kondisi Zack itu menambah beban pemikiran bagi Rajagopal. Beberapa pemain lain yang langganan menjadi starter juga diragukan bisa tampil. Di antaranya Safee Sali, Shakir Shaari, Subramaniam Kunalan, dan Khyril Muhymeen. "Masih ada beberapa hari sebelum menghadapi Thailand. Kami berharap yang terbaikbagi Zack dan Shakir," tambahnya.

Meski beberapa rekannya belum bisa dipastikan turun, Kapten Timnas Malaysua Safiq Rahim mengaku siap. "Sejak awal turnamen, saya siap untuk berlaga di semifinal. Itu salah satu target saya," kata Safiq kepada ESPNStar.

Di sisi lain, pelatih Thailand Winfried Schafer serius mengamati gaya permainan Malaysia. Dia banyak mempelahari rekaman video pertandingan Malaysia, termasuk saat mengalahkan Indonesia di laga terakhir penyisihan grup B. "Kami siap berhadapan satu lawan satu," tegas pelatih asal Jerman itu sebagaimana dilansir situs resmi AFF.

Schafer tidak ingin terlena dengan hasil uji coba bulan lalu. Saat itu, Thailand mampu mengalahkan Malaysia 2-0. Menurutnya, atmosfir laga resmi tentu berbeda dengan laga uji coba. "Apalagi, Malaysia bakal bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya. Tentu mereka tidak ingin malu," imbuhnya.

Namun begitu, dia tetap yakin dengan kemampuan para pemainnya. "Kalau menang Minggu nanti, kami diuntungkan di leg kedua," tegasnya.

Schafer bakal menginstruksikan anak asuhnya untuk terus menekan dan merusak irama permainan lawan. "Itu memang tidak mudah. Namun harus kami lakukan," tambahnya.

Berkaca dari perjalanan kedua tim di babak penyisihan grup, Thailand lebih diunggulkan untuk melewati babak semifinal dan melaju ke final. Apalagi mereka memiliki keuntungan dengan menjadi tuan rumah di leg kedua.

Harimau Malaya melaju sebagai runner-up Grup B berkat kemenangan 4-1 atas Laos dan 2-0 atas Indonesia setelah sebelumnya dipermalukan Singapura 3-0.

Sedangkan Thailand memastikan kelolosan usai memuncaki Grup A berbekal hasil sempurna dalam tiga partai. War Elephants "julukan Thailand - berturut-turut melibas Filipina 2-1, Myanmar 4-0, dan Vietnam 3-1. (ruk)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanpa Torres di Pesta Drogba

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler