Jadwal Pemulangan Dari Makkah ke Jeddah Sempat Kacau

Transit di Hotel Hanya Dua Jam, Jatah Konsumsi Hangus

Jumat, 02 November 2012 – 05:46 WIB
JAKARTA - Secara bertahap jamaah haji sudah menginjakkan kaki lagi di tanah air. Untuk sementara, proses pemulangan ini masih diwarnai sejumlah kasus keterlambatan pendaratan. Selain itu kacaunya jadwal pemulangan juga sempat terjadi di Arab Saudi.

Kekacauan pemulangan ini menimpa kloter 1 embarkasi Ujung Pandang yang terdiri dari 250 jamaah kemarin (1/11). Ceritanya, kekacauan ini dimulai ketika pihak muasasah (panitia lokal pemerintah Arab Saudi) bagian transportasi tidak kunjung memulangkan jamaah haji dari Kota Makkah menuju Jeddah.

Sebelum dipulangkan ke Indonesia melalui bandara King Abdul Aziz di Jeddah, jamaah dari Ujung Pandang ini akan transit dulu di sebuah hotel di Jeddah. Transit ini dilakukan untuk mencegah jamaah haji Indonesia tertumpuk di bandara.

Dalam jadwal yang sudah ditetapkan, jamaah haji dari kloter 1 Ujung Pandang ini check-in di hotel pada Rabu siang pukul 11.15 waktu setempat. Tetapi akibat dari keterlambatan pemulangan dari Kota Makkah itu, rombongan ini baru check-in di hotel kamis kemarin pukul 03.00 waktu setempat.

Celakanya, jadwal check-out mereka adalah pukul 05.00 waktu setempat sebelum diberangkatkan ke bandara. Jadi mereka hanya memiliki waktu sekitar dua jam untuk beristirahat. Idealnya adalah jamaah memiliki waktu transit di hotel Jeddah sekitar satu hari.

Untungnya kacaunya jadwal pemulangan jamaah haji dari Kota Makkah menuju Jeddah ini tidak mengganggu jadwal penerbangan. Tetapi dari kejadian ini, jamaah haji sempat protes dan menyayangkan terkait urusan konsumsi makanan yang tidak mereka terima.

"Jatah makan yang harusnya kita dapat selama hari Rabu jadi mubazir, dan kami harus beli makanan sendiri," ujar Koordinator Penerimaan Jamaah Haji Transit Jeddah Sumarno kepada tim Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag). Dia mengatakan meskipun disajikan dalam bentuk boks, makanan untuk jamaah haji transit di Jeddah ini tidak bersifat tahan lama.

Dihubungi terpisah Kepala Pusat Informasi dan Humas (Kapus Pinmas) Kemenag Zubaidi menuturkan kejadian ini sudah dievaluasi. Dia mengatakan jika Kemenag sudah berkoordinasi dengan muasasah untuk memastikan jadwal pengangkutan jamaah dari Kota Makkah ke Jeddah tepat waktu.

"Dengan begitu dijamin tidak ada keterlambatan masuk hotel, yang ujungnya jamaah tidak dapat konsumsi yang sudah disediakan," kata dia. Zubaidi mengatakan urusan konsumsi selama jamaah haji transit di Jeddah sudah disiapkan dengan baik. (wan)


BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Didesak Turun Langsung Selamatkan Nyawa TKI di Malaysia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler