Jajal Samsung Galaxy A71, Ini 5 Faktanya

Kamis, 13 Februari 2020 – 13:43 WIB
Samsung Galaxy A71. Foto: Ridho/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Awal tahun ini, Samsung Indonesia langsung tancap gas menawarkan dua anggota b6aru di keluarga Galaxy A, yakni A51 dan A71.

Dari keduanya, Galaxy A71 menjadi model tertingi dengan kelebihan spesifikasi yang dibawanya. Sekaligus, perangkat tersebut juga yang kami ulas lebih lanjut.

BACA JUGA: Samsung Galaxy Z Flip Bawa Inovasi Baru, Harga Rp 18 Jutaan

Penerus dari Galaxy A70 sekaligus pesaing Xiaomi Mi Note 10, itu dilepas berbanderol Rp 6 jutaan.

Desain mewah dan tipis
Bermain di kelas menengah ke atas, Galaxy A71 dihadirkan membawa desain mewah, berkat efek prisma di bagian cangkang yang polos tanpa sidik jari, hanya rumah bentuk kotak untuk quad-camera.

BACA JUGA: Asosiasi Sepakat Membatalkan MWC 2020 di Barcelona

Meskipun materialnya masih glastic dan mudah menangkap bercak jari. Namun, ini bisa disiasati saat memilih warna bodi.

BACA JUGA: Caviar Rilis Samsung Galaxy Z Flip Berlapis Emas, Harga Rp 70 Jutaan

Efek prisma itu memancarkan pantulan apik seperti pelangi ketika terkena cahaya.

Desain bodi sederhana dan ketebalan hanya 7,7 mm, dan bobot 179 gram, sehingga cukup nyaman dalam genggaman. Ukuran layar mencapai 6,7 inci. Baik buat aktivitas fotografi, video, nonton film, maupun bermain gim.

Layar
Layar Super AMOLED Plus Full HD+ dengan konsep Infinity-O edge-to-edge sehigga bezelnya kecil, sekadar untuk menampung kamera selfie.

Kualitas tampilan Super AMOLED Plus nyaman di mata, bahkan di bawah terik matahari. Terutama ketika kami mengambil foto dan video. Saat me-review hasilnya, semua terlihat jelas.

Apalagi ada sejumlah fitur penunjang agar mata tidak lelah, seperti blue light filter dan mode vivid untuk warna yang tajam.

Kemudian fitur edge lighting, memungkinkan kami melihat notifikasi melalui cahaya di pinggir layar, ini juga memudahkan dan membuatnya lebih menarik karena efek lampunya beragam.

OS Android 10 terbaru
Sebagai model 2020, maka otomatis Galaxy A71 mendapatkan versi terbaru OS Android 10.

Adapaun antarmuka garapan Samsung, OneIU, masih mumpuni menggabungkan desain visual, interasi, dan infrastruktur informasi yang efisien.

Fitur standar yang bisa dinikmati seperti Focus Mode yang memungkinkan Anda teralihkan dari notifikasi, dan fitur Dark Mode yang saat ini tengah populer.

Galaxy A71 menyediakan sederet pilihan fitur biometric seperti Face Recognition dan sensor sidik jari.

Kamera ciamik
Samsung Galaxy A71 ditanamkan quad-camera meliputi kamera utama 64 MP f/1.8, sudut lebar 123 derajat 12 MP, depth sensor 5 MP, dan makro 5 MP. Untuk selfie, 32 MP f/2.2.

Menghasilkan gambar yang bagus untuk pemula terasa sangat mudah. Pasalnya, sejumlah fiturnya sangat memanjakan. Ada mode Live Focus untuk bokeh, Panorama, Macro, Night, dan Pro.

Anda juga bisa mengaktifkan Scene Optimizer jika ingin mempercayakan pengaturan foto kepada teknologi AI (Artificial intelligence).

Berkat fitur-fitur tersebut, baik pemotretan indoor maupun outdoor tanpa ada kesulitan, bahkan di area cahaya minim.

Kami paling suka dengan ketajaman dan detailnya. Paket warna dan saturasinya juga baik. Untuk yang punya basis fotografi, Anda bisa bereksplorasi lewat mode manual.

Buktinya, sembari kami mencoba dalam liputan media test drive Mitsubishi, beruntung hasil foto kami menggunakan A71 menang. Lihat hasil foto di bawah ini (mode manual):

Merekam video juga tidak kalah saing. Resolusinya 4K untuk kamera utama dan kamera depan Full HD. Fitur Super Steady Video sangat membantu menghasilkan video stabil meskipun saat pengambilan dalam kondisi bergerak. Artinya, kami tidak perlu lagi pakai bantuan tripod.

Dapur pacu
Samsung mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 730G yang ditemani RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Ditambah baterai berkapasitas 4.500 mAh berteknologi fast charging 25W.

Dapur pacu di Galaxy A71 terbilang joss, bahkan untuk para gamer. Permainan yang kami coba seperti Free Fire dan PUBG berjalan mulus tanpa kendala. Frame rate stabil, ditambah fitur gaming booster.

Samsung Galaxy A71 tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Prism Crush Silver, Prism Crush Blue, dan Prism Crush Black. (mg8/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler