Jakarta Film Week 2024, Merayakan Sinema Global

Rabu, 25 September 2024 – 16:21 WIB
Jakarta Film Week 2024 kembali hadir di tahun keempatnya yakni pada 23-27 Oktober 2024 mendatang. Foto: Dok. JFW 2024

jpnn.com, JAKARTA - Festival film, Jakarta Film Week 2024 kembali hadir di tahun keempatnya yakni pada 23-27 Oktober 2024 mendatang.

Didukung Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, festival tersebut menghadirkan berbagai kegiatan menarik dan inovatif di lokasi-lokasi utama Jakarta seperti CGV Grand Indonesia, Taman Ismail Marzuki, dan Mercure Jakarta Cikini.

BACA JUGA: Ramaikan Industri Perfilman Indonesia, Minka Rosie Production Siapkan 4 Film

"Diharapkan Jakarta Film Week 2024 menjadi salah satu suguhan sebagai hiburan yang menyenangkan bagi penggemar industri film, terutama warga Jakarta," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, Rabu (25/99.

Jakarta Film Week 2024 mengusung tema Resonance yang menggambarkan bagaimana perkembangan sinema memiliki kekuatan untuk menciptakan dampak yang luas.

BACA JUGA: Dibintangi Luna Maya dan Darius Sinathrya, Film Sumala Segera Tayang

Rina Damayanti, Festival Director Jakarta Film Week mengungkapkan, sejak 2021, Jakarta Film Week terus berkembang.

Jumlah film yang diterima dari tahun ke tahun meningkat, dan antusiasme dari pemangku kepentingan di industri film juga terus bertambah.

BACA JUGA: Dibintangi Aurora Ribero Hingga Artika Sari Devi, Film Dia Bukan Ibu Siap Diproduksi

Peningkatan tersebut sejalan dengan perkembangan industri perfilman di Indonesia.

"Di dalam negeri, pada 2022 dan 2023, lebih dari selusin film berhasil menembus lebih dari satu juta penonton setiap tahunnya, yang memicu perluasan layar bioskop dan peningkatan investasi. Di kancah internasional, film-film Indonesia mendapat pendanaan dan tampil di festival bergengsi, menunjukkan bagaimana ekosistem film terus terhubung dan berkembang," jelas Rina Damayanti.

Sejak pertama kali diadakan pada 2021, Jakarta Film Week terus menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Jumlah film yang didaftarkan meningkat setiap tahunnya, mencerminkan semakin besarnya antusiasme para sineas dari seluruh dunia.

Tahun ini, tercatat ada 1132 film dari 85 negara, yang diseleksi menjadi 140 film dari 50 negara. Hal ini menunjukkan betapa besarnya minat dan harapan terhadap festival ini, yang berperan penting dalam memperkuat ekosistem perfilman di Indonesia dan global.

Dari film-film yang telah terseleksi dapat ditonton secara offline di CGV Grand Indonesia dan Taman Ismail Marzuki. Namun sejumlah film yang tayang di Jakarta Film Week juga bisa dinikmati secara online melalui Vidio.

"Di tahun 2024 ini, Jakarta Film Week semakin berwarna dengan kehadiran film-film dari 50 negara. Program-program yang kami tawarkan pun, kami semakin beragam dan semoga bisa memperkuat industri film tanah air," ujar Novi Hanabi, Program Manager Jakarta Film Week 2024.

Pada kesempatan ini, Jakarta Film Week juga mengumumkan film pembuka tahun ini yaitu Sampai Jumpa, Selamat Tinggal yang disutradarai oleh Adriyanto Dewo, produksi Adhya Pictures dan Relate Films.

Sementara film penutup festival tahun ini berasal dari Vietnam yang berjudul Don’t Cry, Butterfly, disutradarai oleh Duong Dieu Linh, yang akan menambah kemeriahan Jakarta Film Week 2024.

Film Don't Cry, Butterfly berhasil memenangkan dua penghargaan di Festival Film Venice 2024, setelah tayang perdana di ajang bergengsi Venice Critics Week.

Film tersebut memperoleh penghargaan utama sebagai film terbaik dan penghargaan untuk film paling inovatif.

Dalam rangka memberikan apresiasi yang luar biasa untuk para sineas, Jakarta Film Week 2024 memberikan 6 penghargaan bergengsi kepada para pembuat film terbaik.

Penghargaan tersebut meliputi, 1. Global Feature Awards (penghargaan film panjang internasional terbaik), 2. Global Short Awards (penghargaan film pendek internasional terbaik), dan 3. Global Animation Awards (penghargaan film animasi pendek)

Selanjutnya, 4. Direction Awards (penghargaan film panjang Indonesia terbaik, 5. Series of the Year (penghargaan series orisinil yang tayang di layanan Over The Top), serta 6. Jakarta Film Fund Awards (penghargaan film hasil produksi pemenang Jakarta Film Fund).

Penghargaan tersebut diharapkan bisa mendorong para sineas untuk terus berinovasi dan berkreasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu program unggulan dari Jakarta Film Week adalah Jakarta Film Fund (JFF), yang telah berjalan sejak 2021 dan menghasilkan 14 film pendek.

Tahun ini, tiga proyek film terpilih mendapatkan pendanaan sebesar 50 juta rupiah dan fasilitas Production Movielab, mulai dari pendampingan penyutradaraan, penulisan naskah, hingga proses editing.

Film-film ini akan diputar untuk pertama kalinya di Jakarta Film Week 2024.

Program ini membuka ruang bagi para sineas muda untuk mengembangkan potensi mereka, memberikan kesempatan untuk berkarya dengan dukungan penuh dari industri.

Jakarta Film Week juga hadir dengan JFW Net, sebuah program yang berfokus pada pengembangan industri film yang menggabungkan berbagai program kolaboratif dan edukatif.

Berbagai program JFW Net di antaranya Producers Lab, Pitching Forum, Business Forum, Festival Meeting, Producers Network, Industry Talks, dan Networking Event.

Dalam rangka penguatan kolaborasi di tingkat regional ASEAN, Jakarta Film Week 2024 juga mengajak festival-festival film di kawasan untuk berjejaring, membuka kesempatan berkolaborasi, berkumpul dalam program Festival Meeting.

Kristo Immanuel terpilih sebagai Festival Ambassador Jakarta Film Week 2024.

Dia menyatakan antusiasmenya untuk terlibat dalam festival film bergengsi tersebut.

"Ini adalah kesempatan untuk membawa dunia sinema lebih dekat ke publik dan memperkenalkan festival film kepada lebih banyak orang. Semoga bisa menginspirasi banyak teman-teman yang mungkin belum begitu mengenal industri film untuk datang dan terlibat," ucap Kristo Immanuel.

Dengan semangat Resonance, Jakarta Film Week 2024 hadir sebagai ruang bagi para sineas untuk berbagi cerita, ide, dan budaya, serta menciptakan kolaborasi dan inovasi yang akan menggema di masa depan.

Jakarta Film Week 2024 terbuka untuk semua kalangan, profesional film maupun masyarakat umum yang ingin menikmati rangkaian program dan film dari seluruh dunia.

Pemesanan tiket untuk festival film ini tersedia di TIX.ID, dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs resmi Jakarta Film Week 2024. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler