Jakarta Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Permainan Rakyat Internasional

Gobak Sodor dan Egrang Ikut Dipertandingkan

Jumat, 04 Desember 2015 – 19:14 WIB
ilustrasi egrang. Foto : dok jpnn

JAKARTA – Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Tafisa Sport All Games ke-6. Event sekelas Olimpiade untuk olahraga rekreasi dan masyarakat ini rencananya diselenggarakan pada Oktober 2016 di Jakarta.
 
Ketua Panitia Pelaksana Hayono Isman mengatakan, Tafisa akan diikuti oleh 103 negara peserta dengan jumlah atlet lebih dari 10 ribu orang. Para atlet ini akan berlomba di berbagai venue yang berlokasi di sejumlah tempat di Jakarta.
 
“Antara lain Komplek Stadion Gelora Bung Karno, Jalan Sudirman-Thamrin, Taman Mini Indonesia Indah, Pantai Marunda serta beberapa lokasi lainnya,” kata Hayono di Balai Kota, Jakarta, Jumat (4/12).
 
Hayono menjelaskan, Tafisa mengusung tema Unity in Diversity. Adapun tujuannya untuk mengeratkan kebersamaan, persahabatan, dan nilai-nilai kemanusiaan di antara peserta dan warga dunia.
 
“Tafisa Games 2016 diharapkan dapat menjadi alat pemersatu dunia dalam semangat olahraga,” ucap Hayono.
 
Permainan tradisional Betawi di antaranya gobak sodor dan egrang akan ditampilkan di Tafisa Games. Selain itu juga ada kebudayaan Betawi seperti Palang Pintu.
 
Di tempat yang sama, Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Pemprov DKI mendukung Tafisa. Menurut dia, olimpiade ini sangat penting untuk menjalin persahabatan dengan negara lain.
 
Menurut Djarot, Tafisa bisa menjadi salah satu upaya penerapan Perda Kebudayaan Betawi. Sebab, ada banyak permainan dan olahraga Betawi yang ditampilkan dalam olimpiade ini.
 
Satuan Kerja Perangkat Daerah DKI akan membantu dalam penyelenggaraan Tafisa. "Kalau tempatnya di Ancol, kami siapkan pegawai dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pertamanan, Satpol PP dan yang lain," ungkapnya. (gil/jpnn)
 

BACA JUGA: Ahok: Saya Aneh Dengan DPR

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wagub Djarot: Pejabat DKI Sekarang itu PHL


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler