Jakarta Lanjutkan Program Sister City dengan Beijing

Rabu, 09 Mei 2012 – 18:18 WIB

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya menggandeng pemerintah kota Beijing, Tiongkok dalam rangka kerjasama program Sister City. Kerjasama tersebut telah dikukuhkan lewat penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) pada tahun 1992 lalu.
 
Namun untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut, hari ini Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo melakukan pertemuan dengan Wakil Walikota Beijing, Xia Zhangyi. Pertemuan yang berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta itu membahas program Sister City untuk tahun 2012-2013.
 
Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri pada Pemprov DKI Jakarta, Irmansyah, mengatakan bahwa Sister City merupakan program pertukaran kerjasama antara kota Jakarta dan Beijing. Program itu meliputi Chinese Language Training bagi guru SMA dan pegawai di Jakarta yang dikirim ke Beijing.

Program ini juga memasukkan Jakarta untuk berpartisipasi dalam Beijing Youth Football Tournament cabang sepakbola U-16 di Beijing. Sementara Beijing akan berpartisipasi dalam Enjoy Jakarta Sister City Basketball Tournament untuk memeriahkan HUT kota Jakarta.
 
"Diharapkan melalui kerjasama ini kedua pihak dapat melakukan pertukaran informasi yang terkait perdagangan melalui kegiatan promosi dan situs website," kata Irmansyah di Jakarta, Rabu (9/5).
 
Irmansyah menambahkan, program Sister City juga mencakup kerjasama ekonomi dan perdagangan. Beijing akan mengundang Jakarta untuk berpartisipasi dalam Beijing Internasional Trade Fair, China Beijing International High-Tech Expo, China Beijing International Cultural and Creative Industry Expo. Kedua kota juga sepakat untuk bekerjasama secara aktif saling mempromosikan kegiatan pariwisata masing-masing kota.
 
"Kerjasama bidang kebudayaan kedua kota sepakat untuk saling mengirimkan delegasi kebudayaan masing-masing kota guna menghadiri penyelenggaraan festival budaya di masing-masing kota," papar Irmansyah.
 
Menurut Irmansyah, kerjasama program Sister City menjadi bukti nyata komitmen Jakarta dan Beijing untuk membina hubungan  baik guna dalam rangka memajukan masyarakat di kedua kota. Program ini juga sebagai kontribusi Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan China. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Pabrik Ludes Dilalap Api


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler