Jakarta Terapkan PSBB, Polisi Bakal Batasi Penumpang Kendaraan Pribadi hingga Ojek Online

Rabu, 08 April 2020 – 21:01 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (8/4) atau dua hari jelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di ibu kota. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengaku telah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Jumat (10/4) nanti.

Dari koordinasi itu disepakati bakal ada pembatasan penumpang untuk kendaraan pribadi dan transportasi umum.

BACA JUGA: Beli Masker Lewat Online Senilai Puluhan Juta Rupiah, Malah Dikirim Barang Ini, Astagaaa

“Kendaraan pribadi misalnya Avanza biasa sampai enam orang, ini cuma bisa tiga saja. Ini juga berlaku untuk roda dua, tidak boleh ada berboncengan,” kata Nana di Jakarta, Rabu (8/4).

Imbas dari kebijakan PSBB ini akan sangat berasa untuk para driver ojek online yang tak bisa lagi menarik penumpang.

BACA JUGA: Cek Kehamilan ke Dukun Cabul, Disuruh Pakai Kain Putih, Awalnya Menolak, Akhirnya...

“Untuk roda dua tidak boleh ada berboncengan. Ini jelas melanggar pshycal distancing dan boleh satu orang saja. Ini berlaku untuk ojek online, kami masih menunggu pergub,” sambung Nana.

Nana menambahkan, pembatasan moda transportasi di Jakarta saat PSBB merupakan pilihan terbaik untuk masyarakat saat ini. Untuk aturan pembatasan moda transportasi ini masih disusun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

BACA JUGA: Jakarta PSBB, Herman Herry Minta Polri Tetap Promoter

"Perlu kami sampaikan bahwa PSBB ini merupakan opsi yang sangat bijak dan ini solusi terbaik dari beberapa opsi yang ada. Selama ini terkait pembatasan moda trasnportasi adalah tidak ada penutupan dan pengalihan arus jalan pada akses masuk dan keluar Jakarta,” urai Nana.

Dia pun menegaskan tidak ada penutupan arus lalu lintas untuk kendaraan yang masuk maupun keluar Jakarta. Yang ada selama masa PSBB hanyalah pembatasan penumpang saja. Nana berharap warga Jakarta kiranya bisa mematuhi aturan tersebut.

BACA JUGA: Viral Pria Begituan di Atas Sepeda Motor, Ya Ampun

“Banyak isu beredar ada penutupan jalan, kami sampaikan PSBB ini merupakan opsi yang sangat bijak dan opsi terbaik terkait itu tidak ada penutupan dan pengalihan arus jalan masuk keluar Jakarta,” tandas Nana. (cuy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler