Jaksa Agung: Jangan Mengkhianati Kepercayaan Masyarakat

Senin, 02 September 2024 – 11:22 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan RI ke-79 di Lapangan Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI di Jakarta, Senin (2/9/2024). ANTARA/HO-Kejaksaan Agung RI

jpnn.com - JAKARTA - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengingatkan jajaran kejaksaan untuk tidak mengkhianati kepercayaan masyarakat kepada instittusi. Dia meminta jajarannya untuk terus menjaga integritas.

Burhanuddin mengatakan bahwa saat ini masyarakat telah menitipkan kepercayaan kepada kejaksaan, sehingga menempatkan Korps Adhyaksa menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik.

BACA JUGA: Hadiri Pemusnahan Barbuk Penindakan di Kejaksaan, Kepala Bea Cukai Malang Harapan Ini

"Jangan nodai dan mengkhianati kepercayaan masyarakat," kata Burhanuddin ketika memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan RI ke-79 di Lapangan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI di Jakarta, Senin (2/9).

Pada kurun waktu lima tahun terakhir, lanjut dia, kejaksaan telah menunjukkan sejumlah capaian signifikan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

BACA JUGA: Seleksi CPNS 2024: Kejaksaan Buka Lowongan 389 Tenaga Kesehatan, Buruan Daftar!

Pencapaian tersebut mendapatkan apresiasi dari masyarakat yang menjadikan kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat.

Oleh karena itu, Burhanuddin mengingatkan seluruh jajaran kejaksaan dari pusat hingga daerah untuk terus menjaga kepercayaan tersebut dengan bekerja berdasarkan hati nurani dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, integritas, dan profesionalitas dalam setiap tindakan.

BACA JUGA: Jaksa Agung Diminta Perintahkan Kajari Metro Lampung Untuk Tegak Lurus

Selain itu, Burhanuddin juga mengajak jajaran untuk terus berinovasi dan mengembangkan diri. "Kita semua adalah etalase wajah Kejaksaan. Untuk itu, jaga diri, jaga institusi, jangan merusak nama baik institusi dengan tindakan tidak terpuji karena kepercayaan publik adalah indikator keberhasilan kita dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum," ucapnya.

Pada akhir amanatnya, Jaksa Agung mengajak seluruh Insan Adhyaksa untuk menjadikan peringatan Hari Lahir Kejaksaan ini sebagai titik tolak untuk memperbarui semangat pengabdian dan dedikasi kepada bangsa serta negara. "Kita adalah benteng terakhir keadilan, kita adalah pengawal kedaulatan hukum," ucapnya dalam kesempatan itu.

Untuk diketahui, tema Hari Lahir Kejaksaan RI ke-79 kali ini adalah Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal.

Upacara peringatan tersebut baru pertama kali diselenggarakan setelah diberlakukannya Keputusan Jaksa Agung Nomor 196 Tahun 2023 tentang Hari Lahir Kejaksaan RI.

Selain Jaksa Agung, acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua Komisi Kejaksaan Pujiyono Suwadi, Wakil Jaksa Agung Feri Wibisono, para Jaksa Agung Muda, para Kepala Badan, para Staf Ahli Jaksa Agung, hingga pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler