Jalan Kaki, Kurangi Depresi dan Tingkatkan Kualitas Seks

Rabu, 26 Juni 2013 – 17:02 WIB
JALAN kaki merupakan olahraga yang paling mudah dan memiliki resiko cedera lebih kecil. Menurut pakar kesehatan olahraga, jalan kaki bermanfaat untuk kesehatan jantung, otot dan persendian, tulang, metabolisme, berat badan, dan pikiran. Bagi kita yang malas berolahraga, jalan kaki merupakan pilihan terbaik.

"Berjalan kaki sangat ideal bagi orang dari segala kelompok umur, yang ingin tetap aktif dan fit tanpa memerlukan banyak usaha," kata ahli gizi dan diabetes educator, Dr. Sunita Pathania, seperti yang dilansir laman Healthmeup, Selasa (25/6)

Berikut ini beberapa manfaat berjalan kaki:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jalan kaki yang dilakukan secara teratur seumur hidup akan menurunkan resiko serangan jantung dan pembuluh koroner.

Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat membantu pasien lebih cepat pulih dari serangan jantung dan operasi bypass.

2. Meningkatkan kesehatan seksual

Berjalan kaki membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi kinerja seks Anda dan pasangan.

3. Membuat tubuh Anda tetap sehat

Jika Anda ingin tetap fit dan tidak punya waktu untuk melakukan beberapa aktivitas fisik,berjalan kaki secara teratur adalah cara paling sederhana untuk tetap fit.

4. Menguatkan otot-otot, ligamen, tendon, tulang rawan. Khusus pada wanita muda, jalan kaki memperlambat osteoporosis (keropos tulang).

5. Memperbaiki sistem pengaturan gula darah dalam tubuh. Banyak pasien diabetes melitus yang berkurang kebutuhan insulinnya karena rutin berjalan kaki.

6. Ideal untuk menjaga berat badan karena dapat meningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak. Tidak kalah penting, jalan kaki dapat meningkatkan citra diri serta mengurangi depresi dan stres.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspada Bahaya Pradiabetes

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler