Jalan ke Oscar Kian Mulus

American Hustle Terbaik di SAG Awards

Senin, 20 Januari 2014 – 07:44 WIB

jpnn.com - LOS ANGELES - Peta pemenang Oscar semakin terbaca dalam perhelatan Screen Actors Guild (SAG) Awards di Shrine Auditorium, Los Angeles, Sabtu malam waktu setempat (kemarin WIB, Red). Setidaknya ada beberapa nama yang mencetak hat-trick dalam awards yang pemenangnya dipilih sesama aktor tersebut.

Cate Blanchett, Matthew McConaughey, dan Jared Leto pulang membawa patung The Actor (sebutan trofi SAG Awards). Jalan mereka menyabet patung emas Oscar pun disebut-sebut makin mulus lantaran sebelumnya berjaya di Golden Globes (12/1) dan Critic Choice Awards (16/1).

BACA JUGA: Whulan Kembali ke Modeling

Sementara itu, American Hustle yang meraih film terbaik Golden Globes kategori komedi/musikal sukses mendapat award Cast in Motion Picture. Itu merupakan penghargaan tertinggi. Meski begitu, McConaughey tidak mau terdengar overkonfiden.

Menurut dia, persaingan memperebutkan gelar aktor terbaik di Academy Awards masih sangat ketat. "Kepada seluruh nomine, tidak hanya di kategori ini, ada sangat banyak karakter kuat. Mereka bersinar terang," ucap pemeran Ron Woodroof dalam Dallas Buyers Club yang menyampaikan pidato hanya dalam 29 detik itu.

BACA JUGA: Stres Setelah Kunjungi Korut, Dennis Rodman Masuk Rehabilitasi

Berbeda dengan Golden Globes yang membagi genre film dalam dua kategori, yakni drama dan komedi/musikal, hanya ada satu kategori besar di SAG Awards. Hal itulah yang membuat banyak pengamat makin yakin bahwa pemenang ajang tersebut bakal lebih berjaya di Oscar. Apalagi, di SAG, yang memilih pemenang adalah sesama aktor. Penilaian mereka dianggap lebih tajam dibanding event lain.

Karena itu pula, Blanchett tidak mampu menyembunyikan kegembiraannya. Meski sudah berpengalaman meraih berbagai penghargaan (termasuk dua dalam sepekan terakhir), dia masih tampak terkejut. Terlebih, sebelum bermain di Blue Jasmine, aktris 44 tahun itu sempat rehat dari dunia film untuk menekuni teater.

BACA JUGA: Sutradara pun Dibuat Menangis

"Terima kasih telah menyambut saya kembali. Bagi semua yang memilih saya, terima kasih banyak. Buat yang tidak, semoga tahun depan kalian beruntung," canda Blanchett sebagaimana dilansir Associated Press.

Pemeran Lady Galadriel dalam installment Lord of the Ring itu emosional ketika berterima kasih kepada tim publikasi yang telah menemaninya selama 17 tahun. "Hubungan dengan kalian adalah pencapaian terbesarku," ujarnya lalu menyeka air mata.

Film yang memenangi Best Cast di SAG Awards juga kerap bablas menjadi pemenang Oscar. Setidaknya, itulah yang terjadi beberapa tahun terakhir. Misalnya, Argo (Oscar 2013), The King"s Speech (2011), Slumdog Millionaire (2009), dan No Country for Old Men (2008). Namun, ada kalanya mereka berbeda pendapat. Misalnya, saat SAG memenangkan The Help pada 2012, Inglorious Basterds, serta Little Miss Sunshine.

Lantas, apakah jalan American Hustle merebut titel Best Picture Oscar juga mulus? Belum tentu juga. Sebab, saingan terberatnya, 12 Years A Slave, masih mengancam. Skor keduanya seri. Sama-sama menang Golden Globes untuk genre berbeda. Tapi, Slave menang di Critic's Choice Awards.

Persaingan di level aktris pendukung terbaik dan aktor terbaik juga masih panas. McCounaghey, meski bermain sangat apik, masih terancam oleh Leonardo DiCaprio yang main luar biasa prima di Wolf of Wall Street. Sementara itu, Jennifer Lawrence kini benar-benar head-to-head dengan Lupita Nyong"o yang kemarin memenangkan gelar serupa di SAG.

"Diakui oleh sesama aktor adalah kehormatan luar biasa. Saya sangat berterima kasih," ungkap Nyong'o yang terlihat shock.

Nama Nyong'o kian meroket belakangan. Tapi, keluarga membuat dirinya tetap humble.

"Saya menelepon ayah setelah mendapat peran dalam 12 Years A Slave. "Ayah tahu Brad Pitt, kan? Saya akan main film dengan dia," cerita Nyong'o. Ayahnya menjawab, "Aku tidak kenal dia. Tapi, aku senang kamu mendapat pekerjaan." (c5/na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Foto Kate Moss Jadi Bahan Masalah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler