Jalan Panjang dan Berat Indonesia Menuju Putaran Final Piala Asia 2023, Begini Skenarionya

Selasa, 12 Oktober 2021 – 21:05 WIB
Skuad timnas Indonesia berpose sebelum laga melawan Taiwan di play off Kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: (PSSI)

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia telah melalui play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan mulus usai menang agregat 5-1 (2-1 dan 3-0) atas Taiwan.

Meski melaju ke babak kualifikasi, perjalanan Indonesia untuk menembus putaran final masih panjang.

BACA JUGA: Shin Tae Yong Bangga terhadap Indonesia dan Puji Rumakiek ke Media Korsel

Skuad Garuda harus tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Dengan status tim lolos play-off, Indonesia dipastikan berada di pot undian pembagian grup kualifikasi bersama tim-tim lemah lainnya.

Artinya, ada potensi negara-negara kuat bakal menjadi lawan tim Merah Putih selesai undian nanti.

BACA JUGA: Indonesia Lolos Playoff, Egy MV: Ini Baru Langkah Awal, Jalan Masih Panjang

Berdasarkan situs AFC, dijelaskan ada 24 tim yang akan berjuang di putaran ketiga kualifikasi. Ke-24 tim tersebut bakal dibagi ke dalam enam grup.

Indonesia besar kemungkinan berada di pot empat bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka. Satu tim lainnya yang bakal berada di pot empat, yaitu Kamboja atau Guam yang sama-sama masih berjuang di play-off.

BACA JUGA: Indonesia Menang 3-0, Shin Tae Yong Sebut Dua Hal yang Masih Kurang

Dengan demikian, pada putaran ketiga kualifikasi nanti, Indonesia sangat mungkin bertemu tim kuat yang mendapat pot tiga, dua dan juga satu

Meski demikian, peluang bagi Timnas Indonesia untuk bergeser ke satu pot di atasnya, yakni pot tiga, masih terbuka. Syaratnya, ada kenaikan ranking yang signifikan dari Skuad Garuda.

Melihat peringkat dan tim yang harus berjuang di putaran ketiga kualifikasi, pot satu kemungkinan diisi oleh Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina, Uzbekistan dan India.

Kemudian, di pot dua ada Myanmar, Turkmenistan, Tajikistan, Kuwait, Thailand, dan Filipina. Di pot tiga, sepertinya bakal dihuni Yaman, Afghanistan, Hong Kong, Maladewa, Singapura, dan Malaysia.

Dengan enam grup yang ada, tim yang lolos dari putaran ketiga kuafikasi Piala Asia 2023 hanya dipilih sebelas negara.

Artinya, ada enam juara grup dan lima runner-up terbaik yang akan melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Mampukah Indonesia melaju? Shin Tae Yong harus membuktikan kelasnya. (dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler