Jalan Raya Bandung-Garut Ada Longsor

Senin, 14 Maret 2022 – 04:57 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Leuwigoong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (13/3/2022) malam. (ANTARA/HO-Warga)

jpnn.com, GARUT - Arus lalu lintas di Jalan Raya Bandung-Garut wilayah Kadungora menuju Bandung, Jawa Barat pada Minggu malam terhambat akibat longsor di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Longsoran tanah di Nagreg membuat polisi fokus melakukan pengamanan arus lalu lintas di Kadungora sebagai jalur utama Garut menuju Bandung.

BACA JUGA: Longsor di Tol Pandaan Arah Malang dan Surabaya, Hati-Hati, Jangan Ngebut

"Iya (longsor), kami geser semua ke Kadungora," kata Kepala Unit Turjawali Satuan Lalu Lintas Polres Garut Ipda Dartam.

Dia menuturkan longsoran tanah di jalan raya wilayah Nagreg itu menyebabkan antrean kendaraan di wilayah Garut menuju Bandung.

BACA JUGA: 11 Napi Tiba-Tiba Dikeluarkan pada Malam Hari, Lalu Dijebloskan ke Nusakambangan

Upaya mengatur arus lalu lintas di jalur itu, kata Dartam, terlebih dahulu menyingkirkan material longsoran hingga bisa dilewati satu lajur dan kendaraan secara bergantian bisa melewati jalan menuju Bandung maupun sebaliknya ke Garut.

"Saat ini sementara baru satu lajur saja yang bisa digunakan setelah sebelumnya sempat menutup dan tidak bisa dilewati," kata Dartam.

Dia menyampaikan jajarannya tidak melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus kendaraan melalui jalur lain seperti Limbangan, Garut.

Alasannya, katanya, jalur utama lain lintas Limbangan kondisinya juga sedang ramai karena bertepatan dengan musim libur akhir pekan.

Dartam menyampaikan kondisi ramai itu membuat jajarannya harus memberlakukan satu arah di jalur Limbangan menuju Garut untuk mengurai kemacetan.

"Kondisi meriah namun tetap bergulir, untuk Limbangan sudah dua kali 'one way' (satu arah)," katanya.

Wilayah Garut sejak Minggu sore diguyur hujan deras menyebabkan sejumlah ruas jalan utama Garut digenangi air luapan dari drainase.

Salah satunya jalan yang tergenangi banjir, yakni di Jalan Raya Samarang, kemudian Jalan Leuwigoong, dan sejumlah jalan lainnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler