kDengan semakin banyaknya pesepeda, kota Melbourne akan membangun jalan raya khusus sepeda dengan beberapa jalur sehingga para pengendara bisa melaju lebih cepat, dari arah Footscray ke Docklands.

Jalur baru ini sejauh 2,5 km akan merupakan bagian dari 14 kilometer jalur khusus sepeda di Melbourne sebelah barat tersebut.

BACA JUGA: Australia Berlakukan Pemeriksaan Keamanan Tambahan di Bandara

Jalur untuk sepeda ini merupakan bagian dari proyek senilai $ 5,5 juta bernama Western Distributor oleh pemerintah Victoria yang akan membangun sejumlah jalan baru guna mengurangi truk dan kendaraan berat lainnya melewati West Gate Bridge. Penampakan jalur sepeda di atas Whitehall Street di atas Yarraville Gardens.

Supplied: Victorian Government

BACA JUGA: Satu Orang Tewas dan 20 Ribu Warga Dievakuasi Akibat Banjir NSW

Gary Brennan dari Bicycle Network Victoria yang menjadi salah satu pihak yang dimintai pendapatnya, mengatakan jalur khusus sepeda ini akan dibuat melayang di atas Western Distributor Roadway sehingga para pesepeda tidak harus melewati lampu merah, ataupun persimpangan yang banyak kendaraannya.

"Karena yang akan dibangun adalah jalan baru yang bertingkat, maka lebih baik untuk membuat jalur khusus sepeda di bawah jalan layang untuk mobil tersebut." kata Brennan.

BACA JUGA: Dr Yao Chang Gunakan Foto Yang Bagus Sebagai Obat

"Jadi jalurnya juga melayang, sehingga tidak akan harus melintasi jalannya lainnya, atau jalur kereta, dan akan juga bisa digunakan pesepeda dari Maribyrnong River dan oonee Ponds Creek," katanya.

Menteri Transportasi Victoria Luke Donnellan mengatakan bahwa meski pejalan kali akan diijinkan untuk menggunakan jalur sepeda layang ini, namun sebaiknya mereka menggunakan jalur sepeda yang sudah ada sekarang ini.

"Anda boleh menggunakannya untuk berjalan kaki, namun fokus kami saat ini adalah memberi kesempatan kepada para pesepeda yang menggunakan pulang pergi ke tempat kerja."

"Saya kira ini akan digunakan untuk mereka yang bersepeda dengan kecepatan tinggi. Bagi pejalan kaki, mereka masih bisa menggunakan Footscray Road untuk melihat-lihat ke arah pelabuhan, dan yang lainnya."

"Jalur sepeda yang ada juga akan diperbaiki, dan juga akan memberikan kesempatan kepada mereka yang mau bersepeda dengan kecepatan rendah."Banyaknya truk membuat takut pesepeda

Brennan mengatakan jumlah pesepeda dari arah barat Melbourne menuju ke pusat kota setiap harinya meningkat, namun buruknya infrastruktur dan banyaknya truk-truk besar membuat pesepeda dari arah Barat ini masih kalah dibandingkan yang berasal dari arah utara Melbourne.

"Komposisi penduduk dari Barat berubah, dan semakin banyak keluarga muda yang tinggal di sana, karenanya semakin banyak diantara mereka yang tertarik menggunakan sepeda." kata Brennan.

"Kami melakukan penghitungan di Footscray Road di pusat masuk ke CBD, dan ada sekitar 1600 sampai 1800 pesepeda di jam sibuk di pagi hari."

Pembangunan jalan raya khusus sepeda ini akan dimulai di tahun 2018.

Diterjemahkan pukul 14:30 AEST 3/4/3017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... ELL: Bahasa Inggris untuk Memulai Pertemanan

Berita Terkait