Jalan Sudirman-Thamrin Mendadak Lengang

Rabu, 03 Oktober 2012 – 12:36 WIB
JAKARTA - Sekitar 23 ribu massa buruh akan berunjukrasa di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya, hari ini Rabu (3/10). Informasi unjukrasa buruh besar-besaran ini mempengaruhi padatnya arus lalu lintas sejumlah ruas jalan utama di kota Jakarta. Misalnya Jalan Sudirman di Jakarta Pusat. Biasanya, ruas jalan ini selalu ramai dipadati kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Apalagi di jelang jam makan siang. Namun, siang ini Jalan Sudirman jauh dari kata macet. Jalanan ini lengang dan hanya dilalui beberapa kendaraan.

Situasi lengang ini pun menjalar hingga di Bundaran HI, yang akan menjadi pusat demo buruh. Hanya beberapa truk polisi yang terparkir rapi di pos polisi Bundaran HI.

Berdasarkan pantauan JPNN, jalanan mulai terlihat padat di jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Terdapat unjukrasa buruh di depan Gedung DPRD DKI Jakarta. Akibatnya, terjadi kemacetan yang dimulai dari  Jalan Tanah Abang menuju ke Kebon Sirih. Aksi buruh dan kemacetan itu terjadi  sejak pukul 10.30 WIB. Massa buruh yang diperkirakan mencapai 2500 orang tersebut menyerukan tiga hal yakni penghapusan sistem alih daya (outsourcing) dan kontak kerja tanpa kejelasan, tolak upah murah, dan pelaksanaan sistem jaminan sosial.

Selebihnya situasi lengang juga terlihat di Jalan Medan Merdeka Utara hingga menuju Monas dan Istana Negara. Hanya ada ratusan kendaraan polisi dan tentara yang terparkir di Monas, untuk melakukan pengamanan, jika para buruh berunjuk rasa di depan Istana.

Beberapa pedagang asongan, makanan dan minuman sudah berjubel tak jauh dari depan Istana Negara, berharap agar aksi buruh segera dilakukan sehingga dagangan mereka pun laris.

Sementara itu di depan Istana Negara kini telah terpasang kawat berduri sehingga massa unjukrasa tidak sampai melakukan aksinya mendekati halaman Istana Negara.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Periksa Nazaruddin Terkait PLTS

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler