Jalankan Tugas dari Presiden, Asops Kapolri Turun Gunung ke Riau

Selasa, 14 Maret 2023 – 23:59 WIB
Irjen Agung Setya Imam Effendi saat menyapa personel TNI yang mengikuti apel gelar pasukan di Mako Brimob Polda Riau. Foto:Rizki Ganda Marito/JPNN.com.

jpnn.com, PEKANBARU - Polri terima tugas cegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dari Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo, Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi turun ke Riau.

Irjen Agung tiba di Pekanbaru pada Selasa (14/3) di VVIP Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca di Riau 11 Maret, Wilayah Ini Siap-siap, ya

Setelah mendarat Irjen Agung langsung menuju ke Mako Brimob Polda Riau untuk memimpin gelar pasukan Asistensi dan Supervisi Kasiapsiagaan Karhutla di wilayah hukum Polda Riau.

Di Mako Brimob, Mantan Kapolda Riau itu langsung melakukan pengecekan peralatan untuk mengatasi Karhutla, hingga personel yang bertugas.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca di Riau 13 Maret 2023, Wilayah Ini Siap-Siap, ya

“Presiden sudah meminta kepada Polri untuk menangani Karhutla tahun ini dengan sebaik-baiknya. Maksudnya adalah dipersiapkan sebelum terjadi kebakaran,” kata Irjen Agung seusai memimpin apel gelar pasukan.

Orang yang menginisiasi aplikasi canggih untuk mengatasi Karhutla bernama Dashboard Lancang Kuning itu datang untuk mengasisteni bagaimana pelaksanaan penanganan Karhutla di wilayah Polda Riau.

BACA JUGA: Ulah Wandi Membahayakan Pengeboran Minyak di Riau, Langsung Ditangkap, Lihat tuh Gayanya

“Disiapkan sebelum kebakaran, persiapan sebaik-baiknya perintah Presiden kepada Polri,” lanjutnya.

Irjen Agung menegaskan bahwa ancaman Karhutla adalah sesuatu yang harus hadapi, bukan dihindari.

“Tadi saya ditunjukkan berbagai macam peralatan untuk menghadapi dan mengatasi Karhutla. Juga dihadapkan dengan pasukan yang siap menghadapi Karhutla. Saya ucapkan terima kasih kepada Provinsi Riau yang siap untuk menghadapi ini,” jelasnya.

Irjen Agung mengajak seluruh komponen pemerintahan, aparat penegak hukum, hingga masyarakat harus sepakat untuk menghadapi Karhutla secara bersama-sama.

“Melalui kebersamaan, dan sinergi akan menjadi ringan dan mudah dalam penanganan Karhutla. Kepedulian bersama bukan hanya aparat, tetapi pemerintah dan masyarakat juha harus mendukung penanganan Karhutla ini sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Selain di Pekanbaru, Irjen Agung akan melakukan peninjauan kesiapan jajaran Polres di Polda Riau untuk mencegah Karhutla (mcr36/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler