Jamaah Haji Meninggal di Bus

Kamis, 01 November 2012 – 10:19 WIB
MEDAN- Lantunan marhaban menyambut kepulangan jamaah haji Kloter 01 Debarkasi Medan di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Rabu (31/10) sekira pukul 19.27 WIB.

Namun, Kloter 01 yang sejatinya beranggotakan 451 jamaah haji, tiba di Medan hanya dengan 450 jamaah. Satu orang di antaranya meninggal dalam bus sesaat sebelum terbang menuju Medan.

Jamaah yang meninggal adalah Hj Samiah Binti Ambil (64), warga Jalan Bromo, Medan. Almarhumah meninggal dunia di dalam bus ketika akan menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Kondisi kesehatannya menurun dan ada penyakit komplikasi yang dideritanya. Almarhumah pun langsung dikebumikan di Kota Makkah. “Insya Allah menjadi haji yang mabrur dan diampuni segala dosa-dosanya” ujar Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Medan, Sazli Nasution.

Di Bandara Polonia tadi malam, wajah penuh haru setelah melaksanakan ibadah suci di Makkah terpancar dari para jamaah haji dengan jumlah keseluruhan 450 asal Medan. Para jamaah haji langsung dituntun petugas untuk memasuki aula.

Di sini, jamaah juga menjalani pemeriksaan kesehatan dan pemulangan paspor. Jamaah juga disuguhi air zamzam untuk melepas lelah setelah perjalanan panjang. Ketua IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Sumut H Ahmad Hussein mewakili para jamaah kloter 01 menerima penyematan baju haji dari PPIH.

Setelah semua perlengkapan dan barang bawaan selesai diberikan, maka seluruh jamaah haji diperbolehkan untuk pulang. Namun, seorang jamaah atas nama M Arif Harahap setelah mendapat perawatan medis di Balai Pengobatan Asrama Haji, terpaksa dirujuk ke RS Haji Medan karena mengalami gangguan lambung.

Begitupun, kedatangan jamaah ini delay (terlambat) sekitar 1 jam 25 menit dari jadwal semula pukul 17.00 WIB disebabkan kepadatan penerbangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Jamaah haji disambut oleh Ketua PPIH Abd Rahim, Sekda Pemprovsu Nurdin Lubis, Wali Kota Medan Rahudman Harahap, Ketua MUI Medan M Hatta, Ketua MUI Sumut Abdullah Syah, serta unsur muspida lainnya.

Ketua PPIH, Abd Rahim dalam sambutannya mengatakan jamaah haji yang kembali ke tanah air diharapkan dapat menjadi berkah. “Insya Allah menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Sementara Humas PPIH Medan, Sazli Nasution, mengatakan secara keseluruhan kondisi kesehatan para tamu Allah di tanah suci Makkah dan Madinah dalam keadaan stabil. Meski begitu masih ditemukan adanya yang sakit karena faktor usia sudah di atas 50 tahun dan risiko tinggi. Namun petugas haji asal Debarkasi Medan, terus memperhatikan kondisi kesehatan jamaah hingga kembali ke tanah air.

Sebelumnya, ratusan keluarga jamaah haji sudah berkumpul didepan gerbang Asrama Haji Medan menunggu kedatangan para jamaah haji. Mereka bahkan memasuki kawasan Jabalnur yang berbatasan dengan Aula Madinatul Hujjaj. Puluhan mobil maupun sepeda motor telah berjejer di depan Asrama Haji. Petugas kepolisian tetap terlihat berjaga-jaga.

Seperti diketahui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumut, pada penyelenggaraan haji tahun 2012 telah memberangkan sebanyak 8234 orang jamaah calon haji.

Ribuan jamaah calon haji asal Sumut itu, tergabung dalam 19 kloter haji Embarkasi Medan. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumut, juga menempatkan 90 orang kloter haji, bertugas membantu semua kebutuhan calon haji. (far)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Buat Akte Kelahiran Rp350 Ribu

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler