Jamsir Yakin Kursi Ketua DPRD Kota Batam Tetap Milik PDIP

Rabu, 24 April 2019 – 03:11 WIB
Bendera PDIP. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, BATAM - Penghitungan suara untuk DPRD Kota Batam masih belum rampung, namun sebagian besar partai politik sudah mengklaim mendapat jatah kursi pimpinan DPRD Batam. Di lain sisi, ada juga partai yang mengaku suara calegnya digembosi partai lain.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Jamsir mengatakan, dari enam dapil di Batam, dia yakin akan mengantarkan minimal tujuh caleg PDIP ke gedung DPRD Batam di Engku Putri. Bahkan dia yakin bahwa PDI Perjuangan akan tetap menjadi pemenang pemilu dan menjadi ketua DPRD Kota Batam.

BACA JUGA: PDIP Masih Juara, PKPI Paling Buncit

Dia menyebutkan, kemungkinan besar di dapil I yang meliputi Batam Center-Lubukbaja, PDI Perjuangan mendapat jatah dua kursi. Kemudian di dapil II, Batuampar-Bengkong dapat dua kursi. Di dapil III Seibeduk, Nongsa, Bulang, dan Galang sudah sudah memastikan satu kursi, di dapil IV Sagulung berpeluang mendapat dua kursi, dapil V Batuaji sudah mendapatkan satu kursi dan di dapil VI Sekupang dan Belakangpadang juga sudah dipastikan satu kursi.

"Tetapi kita ingin sebanyak-banyaknya. Saya tidak menyebut nama siapa-siapa saja, tetapi dari data yang sudah masuk ke kita ya memang tetap jadi ketua," katanya.

BACA JUGA: Pileg di Surabaya Diwarnai Kecurangan, PDIP Merasa Tak Pakai Cara Kotor

Jamsir meminta kepada semua pihak untuk tidak melakukan kecurangan dalam proses penghitungan suara. "Kami tidak berlaku curang dalam penghitungan ini, makanya kami juga tidak akan mau dicurangi. Kami tidak akan diam kalau kami dicurangi," katanya.

Partai NasDem juga mengklaim menjadi pemenang dalam Pemilu kali ini, dan kemungkinan besar akan mendapatkan jatah pimpinan DPRD. Likhai, kader dan pengurus partai NasDem mengatakan, saat ini sudah dipastikan partai bentukan Surya Paloh tersebut mendapatkan lebih dari enam kursi di DPRD Batam.

BACA JUGA: Banyak Karangan Bunga untuk Prabowo, Duh Kebahagiaan Semu Belaka

Likhai menyebutkan, untuk dapil I, hampir pasti mendapatkan dua kursi. "Kalau satu kursi sudah lewat dan sangat besar kemungkinan dua kursi," katanya.

Sementara di dapil lainnya, sudah dipastikan dapat satu kursi. Bahkan ada dapil yang kemungkinan mengantarkan dua kursi. "Jadi masih menunggu nih. Tetapi NasDem sangat bagus hasilnya," katanya.

Ia yakin dengan perolehan suara yang didapat NasDem, maka sangat memungkinkan Nasdem akan menempatkan salah satu wakilnya di kursi pimpinan DPRD Batam. "Mohon doanya saja, karena penghitungan suara masih terus berlangsung dan belum selesai," katanya.

Sementara itu, Partai Golkar kota Batam juga sudah yakin bahwa salah satu wakilnya akan duduk di kursi pimpinan. Kalau tidak wakil ketua I, wakil ketua II. Saat ini partai masih terus memantau penghitungan di tingkat kecamatan.

"Ini adalah pemilu yang melelahkan. Dan semua data memang belum masuk dan kita masih menunggu. Tetapi dari data yang sudah masuk kalau tidak waka I, maka kita dapat waka II," kata bendahara Partai Golkar Kota Batam, Hendra Asman.

Hendra mengatakan, dari data yang masuk, untuk dapil I, partai golkar mendapat dua kursi. Dapil II sudah pasti satu kursi, dapil III, IV,V, dan VI juga sudah dipastikan satu kursi. "Tapi kita tetap berpeluang untuk mendapat dua kursi di sana. Jadi kita tunggu saja hasil akhirnya nanti," katanya.

Partai Demokrat juga optimistis akan mendapat jatah pimpinan DPRD. Di mana di setiap dapil partai pimpinan Susilo Bambang Yudoyono ini dipastikan mendapatan satu kursi.

"Kita tetap yakin dapat jatah pimpinan seperti sekarang ini. Tapi hasilnya kita lihat saja seperti apa nanti," kata sekretaris Demokrat Batam, Sahat Tambunan.

Sahat mengatakan, saat ini data yang masuk ke pihaknya belum semuanya. Artinya masih ada kemungkinan jumlah suara terus bertambah. Dan dia mengucapkan terima kasih kepada semua pemilih dan kader Demokrat yang sudah berpartisipasi dalam Pemilu tahun ini.

Partai Gerindra juga optimistis kembali akan mendapatkan jatah pimpinan DPRD. Mulia Rindo Purba, Kader Gerindra mengatakan di setiap Dapil, gerindra mendapatkan satu kursi. Bahkan ada dapil yang berpotensi mendapatkan dua kursi seperti dapil I, dapil III dan dapil VI.

"Kan masih jalan nih penghitungan, tetapi data yang kita kumpulkan, sudah pasti di setiap dapil ada. Dan dengan demikian, kita yakin tetap masuk pimpinan," katanya.

Sementara itu, Partai Hanura juga mengaku bahwa suara yang didapat Hanura tahun ini jauh lebih besar dari pada periode 2014 lalu. Ketua DPC Hanura Iwan Krisnawan, mengatakan sejauh ini, partai Hanura di setiap dapil bisa mengirimkan wakilnya menjadi anggota DPRD Batam.

"Kalau kita satu dapil satu kursi. Sudah hampir pasti itu. Jadi kalau untuk unsur pimpinan itu masih sangat memungkinkan. Tetapi kita tunggu saja keputusannya. Kan berdasarkan rangking partai, dan suara belum semua masuk,' katanya.

Partai Amanat Nasional (PAN) juga menklaim sudah menempatkan enam anggotanya di kursi DPRD Kota Batam. Masih-masing dapil satu kursi.

"Semua dapil kita yakin dapat satu kursi. Tetapi memang masih ada dapil yang selisih suara antara caleg satu dengan yang lain sangat tipis. Ya kita tunggu saja, kan suara masih belum semua dihitung," kata sekretaris PAN Kota Batam, Edward Brando.

Edward mengatakan, perolehan suara dalam Pemilu kali termasuk besar. Dan ia mengucapkan teriama kasih kepada semua kader dan warga Batam yang sudah ikut berpartisipasi dan membesarkan PAN.

Sementara itu, ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam, Jefri Simanjuntak mengakui bahwa partainya kali ini hanya mengirimkan tiga wakilnya, yakni dari dapil I, dapil IV dan dapil VI. Tetapi ini pun menurutnya, masih ada pihak-pihak yang berupaya untuk menggembosi suara PKB.

Jefri mengaku sudah membuat laporan ke Bawaslu terkait temuan kecurangan oleh oknum yang merugikan calegnya. "Jadi form C1 palsu yang difotokopi. Dan ini sudah kita laporkan. Suara kita dikurangi, dan suara partai lain naik," katanya.

Menurutnya, penghgitungan suara harus dilakukan setransparan mungkin. Bahkan menurutnya, jika perlu maka penghitungan ulang dengan membuka kotak suara pun harus dilakukan. "Biar fair semuanya. Jangan ada saling mencurangilah," katanya.

Sama dengan partai lain, PKS juga optimistis menempatkan enam wakilnya di DPRD Batam. "Sesuai target, enam daerah pemilihan satu kursi telah kita amankan," kata Warya Burhanuddin, Sekretaris Umum DPD PKS Batam, Senin (22/4).

Bahkan dibandingkan dengan pemilu 2014 lalu, suara PKS meningkat signifikan. Bahkan bila melihat potensi di daerah pemilihan I yakni Batam Kota Lubukbaja, PKS berpotensi mengirimkan dua orang wakilnya.

"Untuk pastinya baru terlihat di pleno nanti. Namun pastinya satu kursi di setiap dapil sudah kita amankan," ungkap Warya.(ian)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sejujurnya ini Pemilu Paling Rumit : Warga Tak Banyak Kenal Caleg


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler