Jamu Persib, SFC Ogah Kehilangan Poin

Sabtu, 09 Maret 2013 – 08:19 WIB
PALEMBANG - Sriwijaya FC mulai bangkit mengejar ketertinggalan di klasemen sementara Indonesia Super League (ISL) 2012-2013. Kini, posisi laskar wong kito-julukan Sriwjaya-masih tertahan di peringkat lima klasemen dengan donasi 14 poin dari 9 laga.

Nah, Sriwijaya bakal memanfaatkan pertemuan dengan Persib Bandung malam ini (9/3) untuk memperbaiki posisi (Siaran langsung ANTV pukul 19.00 WIB). Bila menang, kemungkinan besar posisi Sriwijaya akan naik ke peringkat 4 alias Big Four.     

Pelatih Sriwijaya FC, Kashartadi mengungkapkan, timnya harus berhasil membendung permainan Maung Bandung-julukan Persib- yang memiliki barisan penyerang berbahaya. Meski strikernya Herman Dzumafo masih diragukan tampil, pelatih Jajang Nurjaman masih memiliki Kenji Adachihara yang lihai dalam menciptakan gol.

"Kami harus konsentrasi dan tidak boleh terlalu percaya diri. Terbukti pertandingan kandang belum tentu selalu dimenangi, sehingga kami harus sangat berhati-hati," terang Kashartadi, Jumat kemarin (8/3).

Menghadapi Persib, dirinya mengklaim tim siap 100 persen walau tanpa Ferry Rotinsulu, Diogo Santos Rangel dan Taufik Kasrun. Walau Persib sendiri masih berjuang di papan tengah, pelatih asal Solo tersebut tidak ingin timnya meremehkan.

Dua kali seri melawan Persiba dan PSPS di kandang sendiri, disebutnya sebagai pelajaran yang harus diingat skuat Laskar Wong Kito-julukan Sriwijaya. "Jangan sampai kehilangan poin di kandang lagi," tegas ayah Eric Cantona ini.

Lee Dong Won tampaknya bakal diplot sebagai pengganti Taufik Kasrun untuk menemani Abdul Rahman. Sedangkan Ahmad Juprianto (Jupe) yang kembali bisa main setelah menjalani hukuman akumulasi bisa menjadi midfielder di lapangan tengah.     

Kas juga bakal menurunkan mantan striker Persib Hilton Moreira sebagai starter untuk menembus benteng pertahanan lawan. Hilton sendiri bernafsu ingin mencetak hattrick pertamanya musim ini.

"Kita harap Hilton bisa mencetak gol ke gawang Persib," lanjut  Kas. Dua kolega Hilton di lini depan, Eddie Foday Boakay dan Tantan sudah terlebih dahulu mencetak hattrick. 

Mantan Asisten Ivan Kolev ini juga masih mengkhawatirkan sektor pertahanan yang masih menjadi kelemahan Sriwijaya di musim ini. "Kami akan sangat berhati-hati di lini belakang karena Persib punya penyerang yang pandai menempatkan posisi, macam Sergio Van Dijk," lanjut Kas.

Untuk mengamankan pertahanan, peran gelandang bertahan bakal sangat vital. Dalam hal ini kemungkinan akan disandang Ahmad Jufrianto yang menjadi penyaring pertama tekanan lawan.

"Agar meraih poin sempurna, saya minta anak-anak untuk bermain secara kolektivitas dan bertanggung jawab dalam mengamankan area sesuai posisi pemain," pungkas Kas.

Sementara di kubu Persib, pelatih Jajang Nurjaman merasa yakin timnya bisa meraih tiga poin. "Tentu kami datang dengan target kemenangan dan bukan untuk kalah. Apabila tidak bisa satu poin pun sudah lumayan," kata Jajang usai melakukan latihan sekaligus uji coba lapangan di stadion Jakabaring Palembang Jumat kemarin.

Namun kali ini Persib tanpa kekuatan gelandang Mbida Messi dan striker Herman Dzumafo. Messi baru pulang dari Kamerun untuk menengok ayahnya meninggal dunia. Messi yang selama ini menjalankan lini tengah Persib terpaksa absen dan menjalani latihan khusus untuk memulihkan kebugarannya, dan kini Messi baru tiba di Bandung.     

Sedangkan Dzumafo istirahat setelah kena otot saat lawan Persija. "Tanpa Dzumafo, kami masih ada Atep dan Erlangga. Diantara kedua pemain itu akan kita mainkan besok (hari ini),"ujar Jajang.     

Persib akan berupaya mencari celah untuk minimal meredam tuan rumah. Klub yang pernah 5 kali juara perserikatan tersebut memiliki sejumlah tenaga potensial, termasuk trio mantan pemain Sriwijaya, Firman Utina, Supardi dan M Ridwan.    

Sayang perjalanan mereka masih terseok-seok dan sejauh ini hanya berada di papan tengah. Pelatih Persib Jajang Nurjaman sendiri mengakui laga kontra Sriwijaya sangat berat, karena tuan rumah belum pernah terkalahkan di kandang sendiri selama ISL 2012-2013 bergulir.

"Sriwijaya tentu ingin meraih tiga poin penuh di akndang sendiri. Tapi kami berupaya minimal bisa mencuri poin," kata Jajang, yang membawa 18 pemain untuk berlaga melawan Sriwijaya.

Menurut Jajang, pemain Sriwijaya memiliki kualitas dan start mereka cukup bagus musim ini. "Tapi Sriwijaya tidak selalu menang di kandang dan itu memberikan harapan kepada kami. Semoga tim bisa tampil bagus dan mendapatkan poin," cetus Jajang.

Menjelang laga yang sebentar lagi berlangsung, Jajang mengatakan timnya bakal tampil habis-habisan dan bermain lepas. "Kami berusaha untuk memberikan hasil terbaik. Tim cukup optimistis bisa memperbaiki hasil di liga," terangnya. (roz/nan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polda Jatim: Kalau Ada Sweeping Lagi, Kami Tangkap

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler