Jamur Mampu Turunkan Berat Badan

Selasa, 23 April 2013 – 13:12 WIB
BOSTON - Jamur ternyata memiliki kandungan nutrisi yang dahsyat. Ini setelah para peneliti di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health melakukan dua penelitian baru.

Dari hasil penelitian tersebut, jamur dapat membantu orang yang sedang berdiet mengurangi asupan daging merah dan tetap merasa kenyang, serta menyediakan pasokan Vitamin D sebanyak yang dikandung suplemen gizi.

Para peneliti memberi sekelompok orang dewasa yang memiliki masalah obesitas sekitar seperempat liter jamur kancing putih setiap hari untuk menggantikan daging. Kelompok kedua mendapat skema diet pengurangan berat badan yang standar.

Pada akhir uji coba selama setahun, kelompok yang memakan jamur mengalami penurunan berat badan lebih banyak dan mampu menjaga pengurangan berat badannya lebih baik dibandingkan kelompok kedua.

Penemuan ini sekaligus menunjukkan manfaat penggantian makanan berdensitas energi tinggi, seperti daging sapi rendah lemak, dengan makanan energi rendah lemak (jamur) untuk mengurangi asupan energi dan lemak.

Dalam studi yang terpisah di Fakultas Kedokteran Universitas Boston, para peneliti secara acak memberi suplemen, baik vitamin D2, vitamin D3 atau tepung jamur yang mengandung vitamin D2, pada tiga kelompok kecil orang dewasa yang sehat selama 12 minggu pada musim dingin.

Vitamin tersebut, sangat penting bagi kesehatan tulang, kekuatan otot dan fungsi sistem kekebalan tubuh, diproduksi secara alami di kulit kita ketika terpapar sinar matahari.

Pada akhir uji coba, tidak ada perbedaan dalam tingkat vitamin D di antara tiga kelompok tersebut. Para peneliti mengatakan hasil-hasil tersebut menunjukkan bahwa jamur merupakan sumber makanan alami untuk unsur yang penting ini. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sariawan tak Kunjung Sembuh, Bisa Jadi Herpes Mulut

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler