Jangan Abaikan Perut yang Kembung, 5 Penyakit ini Mengintai

Minggu, 21 Januari 2018 – 05:31 WIB
Ilustrasi perut. Foto: Pixabay.

jpnn.com - Perut kembung bisa terjadi kepada siapa saja, mulai dari anak hingga lansia. Banyak yang mengira bahwa keadaan tersebut disebabkan oleh masuk angin, sehingga sering dianggap remeh.

Padahal, perut kembung juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya, lho!

BACA JUGA: 7 Makanan ini Bisa Bantu Atasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan kondisi yang terjadi akibat banyaknya gas yang berkumpul di dalam perut. Pada kondisi yang tidak parah, perut kembung akan memberikan gejala berupa perut terasa bergejolak.

Perut terasa penuh, sesak, atau berukuran lebih besar dari biasanya, rasa nyeri, dan perut terasa penuh gas. Kemudian peningkatkan frekuensi sendawa dan buang angin dan kram perut.

BACA JUGA: Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung

Gejala di atas biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu singkat. Namun bila gejala cenderung menetap, dan ditambah dengan hadirnya gejala-gejala lain, maka Anda sebaiknya waspada.

Perut kembung yang hadir bersama gejala-gejala tambahan bisa menjadi pertanda adanya lima penyakit berikut ini:

BACA JUGA: 4 Resep Sehat ala Nenek

1. Penyakit Crohn.

Penyakit Crohn terjadi akibat peradangan kronis pada lapisan sistem pencernaan. Penyakit ini bisa menyebabkan usus tersumbat. Maka itu, seseorang yang menderita penyakit Crohn akan mengalami gejala perut kembung yang parah, disertai dengan penurunan berat badan, diare, serta mual dan muntah setelah makan.

2. Kanker ovarium.

Kanker ovarium merupakan salah satu penyakit bergejala perut kembung, yang disertai dengan keluhan cepat merasa kenyang, dan nyeri panggul. Kanker jenis ini disebabkan oleh pertambahan usia, obesitas, riwayat keluarga alias genetik, dan konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.

3. Kanker pankreas.

Perut kembung akibat kanker pankreas biasanya akan memberikan gejala penyerta, berupa penurunan nafsu makan dan berat badan, nyeri perut yang parah, serta menguningnya kulit maupun mata.

4. Kanker rahim.

Kanker rahim merupakan salah satu kondisi berbahaya, yang salah satu gejalanya adalah perut kembung. Pada kasus ini, penderita juga akan mengalami gejala lain seperti perdarahan pada vagina, keputihan, nyeri panggul, dan nyeri saat buang air kecil.

5. Kanker perut.

Tahukah Anda bahwa perut kembung merupakan salah satu gejala yang dapat terjadi akibat kanker perut? Perut kembung akibat kanker perut biasanya hadir bersamaan dengan gejala lain, misalnya mual, perasaan kenyang di perut bagian atas, gangguan pencernaan, sakit perut yang parah, dan penurunan berat badan.

Itulah lima penyakit mematikan di balik perut kembung. Mengetahui hal ini, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter, khususnya jika mengalami perut kembung disertai gejala-gejala lain. Jangan sampai terlambat.

Semakin dini dideteksi dan diatasi, semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh.(RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketahuilah, Ini Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler