Jangan Berharap Banyak pada Rossi

Cedera Bahunya Dioperasi Akhir Tahun

Kamis, 16 September 2010 – 07:12 WIB
ARAGON - Musim 2010 jelas menjadi musim balapan yang berat bagi Valentino RossiJuara dunia grand prix balap motor sembilan kali itu gagal melanjutkan start istimewa saat meraih kemenangan di MotoGP pembuka di Qatar

BACA JUGA: Nadal Masih Merasa Mimpi

Rangkaian cedera membuat kesempatannya untuk mempertahankan gelar juara makin tipis.

Di pertengahan musim, Rossi malah harus berkutat dengan program recovery
Dia mengalami cedera pada bahunya dalam sebuah sesi latihan, April lalu, serta mengalami patah tulang kaki kanan di sesi latihan MotoGP Italia, Juni

BACA JUGA: Queiroz Incar Job di Luar Portugal

Dua cedera tersebut membuatnya baru mengoleksi satu kemenangan sepanjang musim ini, yang merupakan hasil terburuk sejak dia masuk ke kelas premier pada musim 2000.

Sejauh ini, cedera kaki kanannya yang lebih banyak disorot media
Cedera itu memang membuatnya harus absen di empat balapan

BACA JUGA: Operasi Lengan, Capirex Absen

Hal itu menjadi sesuatu yang "istimewa", mengingat Rossi belum sekalipun absen dalam karirnya sebelumnya.

Tapi, sebenarnya yang memberi efek besar pada penampilan Rossi di akhir sisa musim, justru cedera di bahunyaFisik Rossi jadi terbatas dan mempengaruhi gaya membalapnyaRossi tak mampu menunjukkan gaya membalap yang normal dilakukannya.

Rossi mendapatkan cedera itu saat melakukan latihan dengan motokrosDalam kecelakaan itu, dia mendapatkan kerusakan pada ligamen GlenoidLigamen tersebut menopang dan menjaga persendian bahu untuk tetap di tempatnya.

Berdasarkan analisa medis, cedera itu merupakan salah satu yang terberat bagi seorang pembalap yang membutuhkan kekuatan tangan dan tubuh bagian atasSebab, bahu penderita jadi sangat lemah dan tak stabilKarena itulah, Rossi tak bisa membalap dengan gaya alaminya yang menjadi kekuatannya selama ini.

Sesaat setelah cedera tersebut, Rossi memutuskan tak akan segera naik ke meja operasiDia takut akan melewatkan banyak balapan di musim ini saat menjalani masa pemulihanPembalap berusia 31 tahun itu memilih terus bertarung, tapi malah mendapatkan cedera tambahan di Mugello.

Seiring rangkaian masalah itu, peluang Rossi mempertahankan gelar pun makin tipisJangankan memenangi lomba, mencicipi podium jadi seperti sebuah hal yang sulit baginyaTak urung, dia pun memutuskan untuk melakukan operasi saat musim 2010 berakhir, demi persiapan yang baik untuk musim berikutnya.

"Pada akhirnya, masalahnya memang bahu sayaDan di akhir tahun ini, saya akan menjalani operasi untuk memperbaikinya," tutur pembalap berjuluk The Doctor itu.

Sebelumnya, Rossi melawan cedera itu dengan latihan kekuatan dan fisioterapiTapi, buktinya hal itu tak banyak membantuKini, satu-satunya solusi adalah operasi untuk membuat kondisinya pulih lagi.

Keputusan operasi tersebut bukannya tanpa resikoHal itu tentu saja berhubungan dengan keputusan besarnya untuk meninggalkan Yamaha, untuk bergabung dengan DucatiDengan kesempatan uji coba yang terbatas, serta reputasi motor Ducati yang sulit dikendalikan, seharusnya Rossi memanfaatkan waktu uji coba pramusim sebaik mungkinJika masa pemulihan meleset dari perkiraan, sulit bagi Rossi bersama Ducati untuk langsung cocok.

Umumnya, masa recovery untuk operasi tersebut berkisar antara enam hingga delapan pekan, serta empat bulan kemudian baru fit sepenuhnyaJika melakukan operasi Oktober, Rossi diperkirakan akan fit saat menjalani tes di Sepang (Malaysia) dan Qatar pada FebruariLalu, dia akan berada dalam kekuatan penuh di balapan pertama musim 2011 di Qatar, 20 Maret(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelengkap Sejarah Sang Matador


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler