Jangan Berlebihan! Batasi Minuman Beralkohol Saat Perayaan Tahun Baru

Selasa, 31 Desember 2019 – 22:50 WIB
ILUSTRASI. ALkohol. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Perayaan tahun baru umumnya digunakan banyak orang untuk bertemu kawan dekat dan keluarga besar. Biasanya, dalam pesta akhir tahun ini, terdapat aneka makanan hingga minuman beralkohol.

Namun, ada baiknya Anda tidak berlebihan mengonsumsi alkohol. Ini beberapa cara membatasinya. 

BACA JUGA: Inilah Mengapa Otot Sakit Setelah Minum Alkohol

Umumnya, beberapa orang ingin bersenang-senang ketika pesta tahun baru tiba. Bahkan, bisa sampai melupakan diet, lho. Jadi, Anda akan mengonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat, bahkan minum alkohol secara berlebihan.

Padahal, mindset tersebut salah. Apalagi kalau Anda sampai mabuk tak bisa berpikir jernih.

BACA JUGA: Khusus Wanita, Berhentilah Minum Alkohol Agar Mental Anda Sehat

Apa yang Terjadi Bila Anda Mengonsumsi Alkohol Berlebihan?

Sebenarnya, mengonsumsi alkohol boleh saja, asalkan Anda harus memahami atau membatasinya. Jangan sampai Anda meminum yang sudah melewati batas kemampuan sehingga terjadilah mabuk.

BACA JUGA: 4 Kiat Sehat Saat Harus Begadang di Tahun Baru

Sebenarnya, ini beberapa hal yang terjadi bila Anda mengonsumsinya terlalu berlebihan.

  • Anda akan bereaksi lebih lambat atas hal-hal yang terjadi di sekitar.
  • Koordinasi antar bagian tubuh jadi berkurang. Itu sebabnya, Anda sering kesulitan untuk berdiri tegak ketika mulai mabuk.
  • Penglihatan Anda mulai kabur. Semua peristiwa yang Anda alami jadi terasa samar-samar.
  • Anda jadi sulit berpikir jernih dan membuat keputusan. Jangan heran kalau Anda melakukan hal yang tidak pantas ketika mabuk.

Dilansir dari Young Men’s Health, Kalau Anda benar-benar mabuk sebenarnya ada fungsi kesehatan tubuh yang tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa hal tersebut yang perlu Anda ketahui.

  • Kerja fungsi otak Anda menjadi tidak selaras. Misalnya, Anda memerintahkan otak untuk memukul, tetapi yang Anda lakukan malah menendang.
  • Pembuluh darah Anda melebar. Hal ini menunjukkan kalau Anda merasa hangat. Namun sebenarnya, temperatur tubuh Anda justru berkurang atau lebih dingin.
  • Karena fungsi tubuh Anda tidak normal, ada kemungkinan mengalami beberapa hal negatif. Misalnya, Anda berisiko tinggi mengalami kecelakaan mobil ketika menyetir pada saat mabuk, mengalami perkelahian fisik, dan cedera karena terjatuh atau kehilangan keseimbangan
  • Dalam jangka panjang, mengonsumsi alkohol berlebihan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai kondisi gangguan kesehatan. Untuk itu, mencegah keracunan alkohol pada malam tahun baru merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kesehatan Anda. Coba cari cara yang tepat untuk mengonsumsinya.

Tentunya, Anda ingin tetap sehat ketika perayaan tahun baru usai, kan? Untuk itu, coba batas konsumsi alkohol Anda. Jangan sampai Anda cedera atau mengalami kecelakaan karena terlalu mabuk. Tetap berhati-hati.(AYU/RPA/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler