Jangan Dibuang, Biji Pepaya Ternyata Bisa Cegah Kanker

Senin, 11 Februari 2019 – 16:14 WIB
Biji pepaya. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Biji buah pepaya ternyata juga memberikan manfaat untuk kesehatan. Bji pepaya mengandung zat gizi mikro yang dikenal flavonoid dan polifenol.

Kedua zat itu merupakan antioksidan dan membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA: Penuh Serat dan Gizi, Ini 8 Manfaat Sarapan Oatmeal Bagi Kesehatan

Dilansir dari laman Boldsky, biji pepaya bisa menjadi sumber nutrisi yang sangat baik seperti fosfor, kalsium, magnesium, serat, protein dan antioksidan. Mereka tinggi lemak dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal termasuk asam oleat. Pengin tahu apa saja sih manfaatnya?

Lawan Parasit Usus

BACA JUGA: Dusdusan Kenalkan Makanan Berserat Bantu Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi biji pepaya kering dengan madu memiliki efek signifikan pada parasit usus manusia. Studi lain menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat membantu melawan tiga jenis jamur yang menyebabkan infeksi jamur. Ini karena biji pepaya mengandung enzim proteolitik.

Cegah Kanker

BACA JUGA: 3 Cara Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan dalam biji pepaya telah terbukti memiliki sifat antikanker. Sebuah penelitian menunjukkan efektivitas ekstrak biji pepaya dalam mencegah pertumbuhan kanker dan mengurangi peradangan. Studi lain menemukan bahwa biji pepaya hitam dapat mengurangi perkembangan sel kanker prostat.

Detoksifikasi

Biji pepaya mencegah radikal bebas masuk yang menyerang sel-sel hati. Biji pepaya membantu dalam menghasilkan sel-sel hati baru dan memiliki kemampuan untuk menghilangkan jaringan mati tanpa mengubah aktivitas sel-sel sehat, berkat kehadiran myrosinase, enzim yang mengaktifkan isoenzim sitokrom P 450 di hati.

Kesehatan Pencernaan

Biji pepaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang memainkan peran penting dalam sistem pencernaan. Studi menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya sangat efektif dalam membunuh E. coli, Salmonella, Staphylococcus, dan infeksi bakteri lainnya dalam sistem pencernaan. Studi yang sama menyebutkan efektivitas ekstrak biji pepaya dalam mencegah tukak lambung.

Cegah Kerusakan Ginjal

Biji pepaya dapat mencegah kerusakan ginjal yang disebabkan oleh nefrotoksisitas yang diinduksi oleh obat. Nefrotoksisitas adalah masalah ginjal umum yang terjadi ketika ginjal terpapar obat atau racun yang akhirnya membahayakan mereka. Menurut sebuah penelitian, biji pepaya mengandung phytochemical nephroprotective yang berguna dalam mencegah kerusakan ginjal yang disebabkan oleh obat-obatan seperti parasetamol.

Mencegah Sembelit

Karena biji pepaya mengandung banyak serat, maka bisa mencegah sembelit. Serat bekerja dengan bergerak melalui usus di saluran pencernaan, agar BAB teratur.

Lalu bagaimana cara mengonsumsinya?

Ambil bijinya dari pepaya dan cucilah dengan benar. Keringkan di udara dengan tisu kertas atau keringkan di bawah sinar matahari. Setelah biji tak lembab lagi, giling dan simpan dalam wadah kedap udara di tempat yang gelap. Anda bisa menggunakan bubuk biji sebagai pengganti lada hitam atau menambahkannya ke dalam saus salad.(jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minum Teh Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung?


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler