Jangan Diremehkan, Ini 8 Manfaat Tidur Siang yang Perlu Anda Ketahui

Rabu, 30 Desember 2020 – 08:45 WIB
Ilustrasi tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BAGI mereka yang kurang tidur di malam hari, tidur siang seringkali bisa menjadi solusi yang tepat.

Mau bukti? Simak beberapa manfaat kesehatan dari tidur siang, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 6 Kiat Tidur Siang Agar Lebih Efektif

1. Meningkatkan Produktivitas

Vincent Walsh, seorang neurologis dari University College London, menyebutkan tidur siang adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan otak sejenak.

BACA JUGA: 5 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Anak

Menurutnya, kebiasaan menumpuk tidur di malam hari dan melewatkan tidur siang adalah sebuah kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari.

2. Menurunkan Tingkat Stres

BACA JUGA: 8 Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa

Menurut sebuah studi pada tahun 2012, diketahui tidur siang bisa meminimalisir hormon stres akibat kekurangan tidur di hari sebelumnya.

Meskipun tak bisa menghilangkan stres, tetapi tidur siang sebentar bisa membantu mengendalikan hormon stres menjadi lebih baik.

3. Memperbaiki Mood

Tidur siang bisa menurunkan tingkat stres, lalu setelah tingkat stres turun akan ada kenaikan neurotransmitter serotonin dalam tubuh.

Serotonin ini berguna untuk mengatur suasana hati, menghasilkan perasaan puas, dan kesejahteraan yang pada akhirnya akan memperbaiki mood.

4. Membuat Lebih Fokus dan Segar

Menurut sebuah studi di Spanyol, tidur siang selama 60-90 menit manfaatnya sama dengan tidur malam hari dan bisa membuatmu lebih segar.

Bahkan, di Spanyol telah sejak lama dikenal dengan tradisi siesta yaitu tidur siang sesaat antara pukul 2 hingga pukul 5 dan berlaku bagi semua warganya.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sports Sciences pada 2007, diketahui tidur siang sesaat bisa meningkatkan kinerja mental dan fisik.

Hasilnya, mereka yang tidur siang merasakan peningkatan fungsi kognitif seperti ingatan jangka pendek, denyut jantung, dan perbaikan pada skor tes.

6. Meningkatkan Kewaspadaan

Menurut sebuah studi di NASA, diketahui tidur siang 40 menit bisa meningkatkan kewaspadaan hingga 100 persen.

Bahkan, 20 menit tidur siang jauh lebih efektif untuk meningkatkan kewaspadaan dibandingkan 200 mg kafein ataupun olahraga.

7. Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau gangguan kesulitan tidur di malam hari, mungkin harus mencoba mengobatinya dengan tidur siang rutin.

Gangguan insomnia dalam waktu lama pasti akan merusak kinerja tubuh dan bila tak diatasi dengan beristirahat di siang hari, bisa mengancam kesehatan Anda.

8. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Tidur siang juga ternyata mampu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Apalagi bagi Anda yang terbiasa begadang, tentu harus memperbanyak alokasi tidur siang agar kekurangan waktu tidur di malam sebelumnya bisa tergantikan.

Manfaat tidur siang ini akan langsung terasa bila Anda rutin tidur siang sekitar 30 menit saja per harinya.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler