Jangan Khawatir, Ini 4 Cara Hemat Pulsa di Tanggal Tua

Selasa, 17 November 2020 – 11:20 WIB
Ilustrasi handphone. Foto: AFP

jpnn.com - PULSA dan kuota internet biasanya ikut menipis saat isi dompet sedang tiris di tanggal tua. Tentu sayang bukan uang yang tersisa dan sepatutnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok malah harus tergerus untuk membeli pulsa atau kuota internet?

Namun tenang saja, ada banyak cara kok agar bisa tetap eksis dan terhubung ke dunia maya saat pulsa sudah hampir habis di tanggal tua.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Jokowi Murka? RIzieq jadi Lawan Prabowo di 2024, Dua Kapolda Kena Getah

Beberapa cara di antaranya pun bisa Anda dapatkan dengan gratis dan tetap memberikan kualitas komunikasi dan jaringan internet yang memadai.

Penasaran apa saja cara agar tidak bingung kehabisan pulsa dan kuota internet saat sedang tanggal tua? Berikut adalah 4 tips hemat mengelolanya agar kebutuhan pulsa dan juga kuota internet tetap terpenuhi:

BACA JUGA: Anang Hermansyah Protes, Internet Lelet, Mahal Lagi

1. Gunakan Koneksi Wi-Fi sebagai Prioritas

Semakin canggihnya teknologi internet saat ini, Anda pasti tidak akan kesulitan untuk mendapatkan koneksi Wi-Fi.

BACA JUGA: Gaya Tiongkok Bersih-Bersih Internet

Hampir di setiap sudut kota, fasilitas umum, dan banyak tempat publik lainnya telah menyediakan fasilitas internet tersebut untuk bisa digunakan oleh masyarakat secara umum.

Jadi, saat memungkinkan, jangan ragu untuk mengganti jaringan internet dari paket data ke Wi-FI agar bisa lebih hemat.

Menggunakan koneksi Wi-Fi juga memberikan beragam kelebihan ketimbang koneksi internet dari paket data. Salah satu contohnya adalah jaringan internet yang lebih cepat dan juga stabil.

Dalam kata lain, selain bisa menekan penggunaan kuota internet dari paket data, Anda juga bisa mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik dengan menghubungkan perangkat ke koneksi Wi-Fi.

2. Nyalakan Fitur Data Saver

Cara selanjutnya agar pulsa dan paket data bisa tetap mencukupi hingga tanggal tua adalah dengan mengaktifkan fitur Data Saver atau hemat data. Di setiap produk smartphone keluaran terbaru sebenarnya telah memiliki fitur yang sangat berguna menghemat penggunaan pulsa dan kuota internet ini.

Namun, bagi Anda yang tidak menemukan fitur ini di gawai yang sedang dipakai, tidak perlu khawatir.

Sebab, di sejumlah aplikasi jelajah internet, seperti Google Chrome, WhatsApp, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya juga sudah banyak yang menawarkan fitur Data Saver.

Jadi, bagi Anda pengguna aplikasi-aplikasi tersebut, coba cek ke pengaturan dan lihat apakah ada fitur penghemat data ini atau tidak.

Atau untuk alternatif lain Anda bisa menggunakan paket internet dengan kuota khusus untuk masing-masing aplikasi yang disediakan oleh berbagai provider.

Paket internet jenis ini bisa menghemat kuota utama Anda sehingga tidak cepat habis dan masing-masing aplikasi mendapatkan kuota yang lebih besar.

Contohnya ada paket internet Indosat Freedom U yang memiliki kuota khusus untuk tiap-tiap aplikasi untuk Anda para pengguna kartu Indosat atau untuk Anda yang suka nonton dan pengguna paket internet Telkomsel, bisa coba paket Maxtream supaya kuota untuk streaming bisa lebih banyak.

Selain itu, agar lebih hemat, Anda juga dapat menonaktifkan fitur unduh media secara otomatis.

Dengan mematikan fitur ini, aplikasi browser dan media sosial tidak akan langsung mengunduh gambar, video, dan file berat lainnya secara langsung.

Anda pun bisa mengaturnya agar kualitas media yang diunduh tidak terlalu besar. Dengan begitu, pemakaian kuota internet untuk mengunduh data di aplikasi sosial media akan menjadi lebih hemat dan Anda bisa bertahan hingga gaji berikutnya sampai di tangan.

3. Kirim Pesan dan Telepon melalui Aplikasi Messaging Gratis

Sudah bukan zamannya lagi melangsungkan telepon dan mengirim pesan langsung melalui ponsel Anda. Melainkan, agar lebih hemat pulsa, manfaatkan saja aplikasi messaging gratis yang bisa dengan mudah Anda unduh dan pasang di smartphone, seperti WhatsApp, Telegram, dan Line.

Tidak peduli seberapa banyak pesan yang dikirim, atau seberapa lama menelepon, pulsa akan tetap aman saat menggunakan aplikasi tersebut.

Bahkan, Anda bisa melakukan video call agar proses komunikasi bisa terasa lebih dekat dan praktis. Jadi, dengan memanfaatkan aplikasi messaging gratis, bisa mendapatkan kualitas layanan yang jauh lebih baik, sekaligus menghemat pulsa.

4. Cari Tahu Promo Apa Saja yang Sedang Berlaku

Cara terakhir agar lebih hemat dalam menggunakan pulsa dan paket data adalah memanfaatkan promo yang berlaku. Sekali dua kali, provider atau toko pulsa online akan memberikan penawaran menarik agar menarik lebih banyak konsumen.

Untuk itu, kalau memang sudah tiba waktunya membeli pulsa atau paket data, tidak ada salahnya untuk berburu promo terlebih dahulu sekiranya ada penawaran yang sesuai dengan kebutuhan.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler