Jangan Lewatkan Keseruan Festival Pesona Pantai Pohon Cinta

Senin, 30 April 2018 – 13:22 WIB
Arief Yahya. Foto: Kemenpar

jpnn.com, GORONTALO - Provinsi Gorontalo bakal menggelar Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (FP3C) 2018 pada 2-6 Mei mendatang.  

FP3C ini merupakan event tahunan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pohuwato. Acaranya dijamin paten.

BACA JUGA: Labuan Bajo Diserang Isu Illegal Fishing

Wisatawan akan dibawa mengeksplorasi pesona wisata bahari, atraksi seni dan budaya, serta kuliner. 

"Event ini digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pohuwato sekaligus mempromosikan potensi pariwisata yang kami miliki," kata Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras, Kamis (26/4).

BACA JUGA: Menpar Arief Yahya Puji Promosi Pariwisata KBRI Venezuela

Acara akan dimeriahkan dengan pameran pembangunan dan kuliner. Ada juga atraksi seni dan budaya.

Panitia penyelenggara juga menggelar Pemilihan Nou dan Uti Kabupaten Pohuwato 2018. Selain itu, ada juga lomba fotografi.

BACA JUGA: Festival Hari Nelayan Palabuanratu Sukses Pikat Wisatawan

"Kami juga siapkan promosi suvenir Pohuwato sehingga wisatawan dapat dengan mudah mencari oleh-oleh. Semua itu akan kami lengkapi dengan konser artis ibu kota,” tambah Amin.

Pesona bahari yang dimiliki Kabupaten Pohuwato sangat luar biasa. Salah satunya adalah Pantai Pohon Cinta.

Pesona pantai tersebut ulit dibantah. View-nya ciamik. Wisatawan bisa memandang hamparan laut yang cenderung tenang dengan deburan ombak khas Pantai Pohon Cinta.

"Di sepanjang pantai sudah dibangun trek jogging yang bisa digunakan sambil menikmati pantai nan indah ini atau berwisata kuliner dengan mengunjungi warung-warung sekitaran pantai. Kami juga telah membangun taman bermain untuk anak-anak,” kata Amin.

Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menempuh perjalanan darat sekitar tiga jam dari Kota Gorontalo. Jalannya mulus. View selama perjalanan juga sangat indah.

Begitu juga soal amenitas. Mau menginap di losmen, cottage atau pun hotel ada di sana.

Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana merespons positif event FP3C.

Pihaknya langsung action. Acara itu langsung di-support lewat Asisten Deputi Pemasaran Area I Regional III Ricky Fauzi.

"Kabupaten Pohuwato ini memiliki potensi yang luar biasa. Potensi ini harus terus dipromosikan sehingga pariwisata Kabupaten Pohuwato akan semakin dikenal lagi. Apalagi, semua sudah didukung oleh akses dan amenitas yang baik," ujar Pitana.

Asisten Deputi Pemasaran Area I Regional III Ricky Fauzi seirama. Menurutnya, event ini adalah momentum bagus untuk membangkitkan semangat masyarakat Kabupaten Pohuwato.

Ricky menambahkan, sebagai sebuah kabupaten yang memiliki potensi pariwisata yang besar, Pohuwato sudah selayaknya terus menggelar event-event berkualitas untuk menjaring wisatawan.

"Sesuai dengan petunjuk menteri pariwisata, untuk mengembangkan pariwisata itu dibutuhkan 3A. Yaitu akses, amenitas dan juga atraksi. Akses dan amenitas Pohuwato saat ini sudah sangat memadai. Hanya perlu terus didukung oleh atraksi yang berkelas," ucap Ricky.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berpendapat serupa. Menurutnya, FP3C merupakan sebuah jawaban dari seriusnya seluruh stakeholder pariwisata Pohuwato untuk memajukan pariwisata.

"Seluruh daerah sekarang harus berlomba-lomba menggelar atraksi untuk mempromosikan serta menjaring wisatawan. Hadirkan terus event-event berkualitas di Kabupaten Pohuwato sehingga pariwisata Kabupaten Pohuwato akan semakin meningkat. Jadi, silakan datang dan nikmati Kabupaten Pohuwato," ucap Menpar Arief Yahya. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Festival Crossborder Sanggau Bakal Pikat Turis Malaysia


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler