Jangan Salah Pilih, Berikut Perlengkapan Saat Main Off-Road

Rabu, 02 Desember 2020 – 03:25 WIB
Pengemudi sedang melakukan kegiatan berkendara off-road. Foto: AHM

jpnn.com, JAKARTA - Bermain off-road akhir-a?hir ini makin populer khususnya di kalangan pengendara roda dua.

Kegiatan yang terbilang ekstrem itu tentunya membutuhkan riding gear yang berbeda demi menjaga keselamatan.

BACA JUGA: Cadas! Segway Ninebot One Z10 Diklaim Bisa Libas Jalur Offroad

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky mengatakan, riding gear yang digunakan untuk kegiatan off-road memiliki bentuk dan spesifikasi berbeda.

“Perbedaan ini paling jelas dapat dilihat antara bentuk helm untuk berkendara off road dan on road yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi," ungkap Johanes, Selasa (1/12).

BACA JUGA: Jenguk Ibu Sakit, Indra Sempat-Sempatnya Remas Dada Pasien Wanita, Sontak Geger

Ia menambahkan, perbedaan bentuk tersebut juga disesuaikan kondisi fisik yang berbeda saat berkendara saat di jalan off-road dan on-road.

Berikut beberapa hal yang harus digunakan saat berkendara off-road :

BACA JUGA: Honda E Jadi Mobil Jepang Pertama Dianugerahi Gelar German Car of The Year 2021

Helm

Helm merupakan salah satu perangkat penting bagi semua pengendara untuk menghindari benturan secara langsung kepada pengguna sepeda motor.

Namun, terdapat perbedaan bentuk pada helm untuk berkendara off-road, yakni bagian pelindung rahang pada helm off-road lebih panjang dengan tujuan memberikan sirkulasi udara lebih baik saat berkendara.

“Biasanya pada helm untuk off-road tidak memiliki visor. Pet pada helm off-road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah,” tambahnya.

Goggle

Perlengkapan riding ini umumnya digunakan saat berkendara off-road untuk menjaga bagian mata dari benda asing.

Saat berkendara off-road, kinerja fisik lebih dipacu sehingga dibutuhkannya oksigen yang lebih banyak untuk tubuh.

"Goggle ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Jersey dan Sarung Tangan

Berkendara off-road merupakan aktivitas yang berat dan menyebabkan keringat berlebih pada pengendara sehingga perlu menggunakan jersey yang mudah menyerap keringat dan cepat kering.

Hal ini bertujuan mencegah pengendara mengalami masalah kesehatan akibat menggunakan pakaian basah dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu, untuk sarung tangan, para pencinta off-road dapat memilih dan menggunakan sarung tangan berbahan kain yang lembut.

Hal itu untuk memaksimalkan pegerakan tangan dan jari yang membutuhkan pergerakan lebih cepat saat berkendara melintasi jalanan yang cukup ekstrem.

Chest, Inner Knee dan Elbow Protector

Potensi bahaya yang ditimbulkan saat berkendara off-road lebih tinggi seperti terjatuh akibat medan yang dilalui tidak stabil.

Maka, Lucky menyarankan agar menggunakan Chest Protector dengan tujuan melindungi bagian dada pengendara dari benturan dengan setang kemudi atau benda asing yang terlempar mengarah ke bagian dada.

Selain itu, menggunakan Inner Knee dan Elbow Protector untuk melindungi bagian siku dan lutut pengendara saat terjatuh.

Sepatu

Untuk melindungi bagian kaki, para bikers off-road harus menggunakan sepatu dengan spesifikasi bentuk yang lebih tinggi hingga menutupi tulang kering dan betis.

Pasalnya, sepatu itu bertujuan untuk mencegah cedera pada tulang kering saat terjatuh dan tertimpa kendaraan. (ddy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler