Jangan Terus-terusan Bergantung SBY

Selasa, 30 Maret 2010 – 02:02 WIB
Foto: Boy Slamet/Jawa Pos)

JAKARTA--Kongres Partai Demokrat diharapkan bisa membawa partai peraih suara terbanyak Pemilu 2009 itu menuju perubahanFigur Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono seyogianya tidak lagi menjadi prioritas

BACA JUGA: DPD Segera Bangun Kantor di 32 Provinsi

Sebab, hal itu akan menjadi bumerang bagi Partai Demokrat.

"Problem personalitas, oligarki, dan figur SBY lebih tinggi dari sistem
Demokrat harus bertransformasi," kata Lili Romli, pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dalam diskusi di Hotel Mercure, Jakarta, kemarin (29/3).

Dia menyatakan, tidak bisa dimungkiri, SBY merupakan magnet Partai Demokrat

BACA JUGA: Kader Demokrat Sulit Percayai Pendatang Baru

Raihan lebih dari 21 persen suara Demokrat bisa jadi berasal dari figur SBY
Demokrat harus benar-benar serius dalam mempersiapkan pemilu 2014

BACA JUGA: Marzuki Pastikan Ikut Bertarung di Kongres PD

"Dukungan 21 persen itu mungkin swing voters (pemilih mengambang, Red), bukan massa loyal," ujarnya.

Jika dibanding dua partai lama, Golkar dan PDIP, loyalitas pemilih Demokrat belum terujiLili menyatakan, Demokrat harus memiliki program kaderisasiSebab, kaderisasilah yang nanti menumbuhkan loyalitas kader kepada partai"Harus diingat, SBY tidak selamanya, sedangkan Demokrat selamanya," tegasnya.

Mengomentari kongres Partai Demokrat, dia juga mengingatkan potensi munculnya konflik internalMenjelang pemilihan, hampir dipastikan ada persaingan kubu-kubu antarcalon ketua umumBelajar dari konflik partai lain, Demokrat nanti harus menghormati perbedaan menjelang kongres"Di antara kandidat, supaya tidak menimbulkan perpecahan, jangan mengklaim dukungan figur tertentu," ungkapnya mengingatkan.

Pengamat politik Alfan Alfian menambahkan, yang tak boleh luput dari perhatian Demokrat adalah masalah infrastrukturTidak bisa dimungkiri, Demokrat selama ini tidak memiliki sekretariat yang permanenUntuk kantor DPP pun, mereka masih menyewa"Semestinya itu dipikirkan untuk orientasi jangka panjang," jelasnya.

Sependapat dengan Lili, Alfian merekomendasikan perlunya Demokrat menumbuhkan sistem kepartaian yang kuatDemokrat memang telah menumbuhkan lompatan kuantum fenomenal dalam Pemilu 2009Namun, jika terus bergantung pada SBY, prestasi Demokrat rawan anjlok pada Pemilu 2014"SBY bisa melipatgandakan pengaruhYang terjadi kemudian, 2014 what next (apa langkah selanjutnya)"? ujarnya(bay/c5)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marzuki Alie Dinilai Penuhi Kriteria Ketum


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler