Januari 2013, USN Berubah Status jadi PTN

Sabtu, 29 Desember 2012 – 14:13 WIB
KOLAKA - Kado indah diakhir tahun bagi Universitas 19 November (USN). Penantian bertahun-tahun untuk meningkatkan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan terjawab pada 3 Januari 2013. Saat itu, Pemkab Kolaka akan menyerahkan aset USN ke Kemendiknas untuk dijadikan PTN.

Bupati Kolaka Buhari Matta mengatakan, Pemkab Kolaka tinggal menunggu surat resmi dari Kemendiknas untuk hal tersebut. "Yang jelas, informasi saya terima secara lisan dari Kementriaan Pendidikan, pada 3 Januari Pemkab Kolaka, USN serta dari pihak DPRD sendiri akan menghadiri pertemuan itu untuk membicarakan status USN yang bakal menjadi universitas negeri di Kolaka," kata Buhari seperti yang dilansir Radar Kolaka (JPNN Group), Sabtu (29/12).

Jika rencana itu terwujud, maka USN akan tercatat dalam sejarah sebagai universitas pertama yang berstatus negeri di tingkat kabupaten se Sulawesi. "Jika USN jadi universitas Negeri. Maka secara tidak langsung dapat menjadikan sejarah baru bagi Kolaka," tuturnya.

Sementara itu rektor USN Kolaka Azhari saat dihubungi melalui selulernya membenarkan hal tersebut. Pada 3 Januari USN akan ada penyerahan aset USN kepada Kementerian Pendidikan Nasional. "Insya allah serah terima aset, penandatanganan berita acara dan MoU antara pemerintah kabupaten Kolaka, USN dengan Menteri Pendidikan dilaksanakan tanggal 3 Januari 2013 mendatang," ungkapnya.

Menurut Alumni UGM ini, serah terima aset itu telah dijadwalkan saat rapat yang dilaksanakan 26 Desember 2012 yang dipimpin direktur kelembagaan Dirjen Dikti Kementrian Pendidikan, Prof.Dr.Ahmad Jasidi. USN Kolaka bersama Politeknik Tanah Laut Kalimantan Selatan (Kalsel) akan ditingkatkan statusnya menjadi negeri.

Hasil rapat tersebut kemudian dikuatkan dengan undangan nomor 5708/E1/T/ 2012 terkait serah terima aset, penandatanganan berita acara, MoU antara pemerintah kabupaten Kolaka dan yayasan USN dengan Menteri Pendidikan, bertempat di ruang sidan Dirjen Dikti, gedung D lantai 18 pada tanggal 3 Januari 2013. Undangan tersebut ditandatangani Sekretaris Jenderal Dikti, Patdono Suwignyo."Pada tanggal 3 Januari 2013 nanti, aset fisik dan Sumber Daya Manusia (SDM) USN diambil alih Kementrian Pendidikan RI, selanjutnya diproses dan menunggu keputusan Presiden untuk peresmian penegerian," tuturnya. (awa/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... PGRI : Manajemen Guru Masih Gelap

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler