Januari, Kereta Sukabumi-Cianjur Beroperasi

Selasa, 17 Desember 2013 – 09:05 WIB

jpnn.com - SUKABUMI - Kabar gembira bagi masyarakat Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat.  PT KAI menjanjikan akan mengaktifkan lagi kereta rute Sukabumi-Cianjur pada awal Januari mendatang.

Kepala Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Jaka Djarkasih, mengatakan persiapan pengaktifan kereta Sukabumi-Cianjur sudah mencapai 90 persen. Menurutnya saat ini persiapan masih terkonsentrasi pada perbaikan rel yang sudah bertahun-tahun tidak dilintasi kereta tersebut.

BACA JUGA: Buruh Tolak Penangguhan UMK

"Meskipun sudah bisa dilalui Lori Mesin, namun harus ada beberapa persiapan agar jalur tersebut bisa dilalui rangkaian kereta," ujarnya.

Jaka menambahkan, selain persiapan sarana dan prasarana, pihaknya sudah melantik karyawan yang akan ditugaskan di Stasiun Cianjur. Sehingga Ia pun optimis jika pada akhir Desember nanti, kesiapan PT KAI Daop 2 untuk mengaktifkan pelayanan kereta rute tersebut sudah final.
 
"Mudah-mudahan bisa segera selesai, meskipun ada beberapa pekerjaan yang belum tuntas seperti perbaikan perlintasan," katanya.
 
Menanggapi keinginan warga agar pengaktifan kereta tidak hanya sampai Cianjur, melainkan hingga Bandung, Jaka mengatakn,  hal itu bisa saja dilakukan, namun harus dengan menggunakan lokomotif yang lebih canggih.

BACA JUGA: Sungai Meluap Rendam Enam Desa di Cilacap

Pasalnya, kondisi jalur banyak terdapat tanjakan dengan kemiringan mencapai 40/mil yang tidak dimungkinkan untuk dilalui jika tidak menggunakan lokomotif yang lebih canggih.

"Untuk saat ini, kami konsentrasi dulu Sukabumi-Cianjur namun tidak menutup kemungkinan jika kedepan Sukabumi-Cianjur-Bandung bisa diaktifkan lagi," tuturnya. (cr1/t/sam/jpnn)

BACA JUGA: Sekdes Kedapatan Mesum

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Kronologi Ibu Guru Meninggal Usai Operasi Caesar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler