Jason Kidd Buru Rekor, Ingin Main sampai Usia 40

Jumat, 06 Februari 2009 – 07:12 WIB
DALLAS - Usia Jason Kidd kini sudah hampir 36 tahunMeski sudah mendapat pengakuan sebagai salah seorang point guard terbaik dalam sejarah, pemain Dallas Mavericks itu mengaku belum ingin berhenti berlari, memburu rekor assist, dan bermain hingga usia 40 tahun.

Kemarin WIB, saat bertanding dengan Portland Trail Blazers, Kidd kembali menorehkan catatan penting

BACA JUGA: Granger Tantang Kapono di Kontes Three-Point

Dia mencatat assist nomor 9.888
Berarti dia telah menyalip perolehan Oscar Robertson, berada di urutan keempat assist terbanyak dalam sejarah NBA.

Kini hanya John Stockton, Mark Jackson, dan Magic Johnson yang punya perolehan lebih banyak daripada Kidd

BACA JUGA: Tersangkut Cuaca Buruk

Dan, sebelum musim 2008-2009 ini berakhir, kalau Kidd terus melanjutkan rata-rata 8,3 assist per game, dia sangat mungkin menyalip Johnson di urutan ketiga (10.141 assist).

Seandainya masih diberi peluang produktif musim depan, dia juga bisa menyalip Jackson yang memiliki 10.334 assist
Dan, siapa tahu, kalau masih bermain hingga lima tahun ke depan dan terus produktif, Kidd bisa mengejar perolehan fantastis Stockton, 15.806 assist.

Untuk mengejar itu, Kidd harus membereskan urusan kontrak dulu

BACA JUGA: Senna Tolak GP2

Kontraknya bermain di Mavericks berakhir di penghujung musim iniSetelah itu, dia harus menunggu, apakah masih dipertahankan Mavericks atau dicomot tim lain.

Satu hal yang pasti, kontrak baru Kidd nanti tidak akan sespektakuler yang sekarangSaat ini dia adalah salah seorang pemain termahal di NBA dengan gaji di kisaran USD 20 juta per musim.

Hingga saat ini, Kidd mengaku belum mau memikirkan kontrakYang penting musim ini sukses dulu membawa MavericksSoal fisik, dia mengaku tidak lagi seperti duluTapi, dia masih sangat mampu dan -yang terpenting- masih bisa having fun di lapangan.

''Kadang di pagi hari saya merasa kakuTapi, itu bisa terjadi di usia berapa punSaya merasa masih mampu bersaingSaya merasa nyaman secara mental maupun fisikSaya masih bisa bermain di level yang tinggi,'' aku pemain yang mulai masuk NBA pada 1994, juga di Mavericks.

Kidd menegaskan keinginannya untuk terus naik peringkat dalam hal perolehan assistKetika pensiun nanti, Kidd menginginkan minimal berada di urutan kedua''Saya juga ingin naik peringkat di kategori tembakan tiga angkaUntuk membantah anggapan bahwa saya tidak bisa shooting,'' ucapnya.

Urusan kontrak, lanjut Kidd, bakal beres dengan sendirinyaDia mengharapkan bisa bermain hingga usia 40Kidd mengatakan, belum pernah ada pemain ''kecil'' (point guard) yang bisa main hingga usia 40 (Stockton dulu pensiun pada usia 39)

''Saya ingin main sampai umur 40Saya masih merasa kuatTapi, kita lihat saja nantiYang jelas, saya akan berhenti pada usia 40Belum pernah ada pemain kecil yang bermain hingga umur 40Itu akan menjadi pencapaian tersendiri,'' paparnya.

Setelah itu? Kidd mengaku tidak ingin menjadi pelatih''TidakSaya tak mampuItu pekerjaan yang terlalu berat,'' katanya.

Namun, Kidd bilang tak mau jauh-jauh dari basket''Semoga saya bisa memberikan sumbangan balik ke permainan iniKemungkinan bisa menjadi mentor, bergabung di sebuah klub, dan membantu mengembangkan point guard dan pemain mudaMungkin bisa menjadi bagian dari manajemen atau kepemilikkan klubItu bakal mengasyikkan,'' pungkasnya(aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Melawan Rasa Sakit


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler