Jateng di Rumah Saja, Boleh Tidak Pergi ke Pasar?

Kamis, 04 Februari 2021 – 19:41 WIB
Gerakan Jateng di Rumah Saja. Gubernur Ganjar Pranowo saat melewati pasar. Foto: Instagram

jpnn.com, BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerbitkan Surat edaran nomor 443.5/0001933 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II melalui Gerakan "Jateng di Rumah Saja" pada 6-7 Februari 2021.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jateng, akan mengizinkan pasar untuk tetap buka selama pelaksanaan Gerakan "Jateng di Rumah Saja", dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA: Irjen Ahmad sudah Siap Jalankan Titah Pak Ganjar

"Pasar diizinkan untuk tetap buka selama mematuhi protokol kesehatan yang ketat," kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Banjarnegara, Kamis (4/2).

Bupati mengatakan pihaknya mendukung Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah tersebut.

BACA JUGA: Dokter Elang Sampai Memohon Warga Jateng untuk Mematuhi Usul Pak Ganjar Ini

"Namun demikian pasar diizinkan tetap buka guna menggerakkan perekonomian rakyat dan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dengan demikian kami mendukung gerakan Jateng di Rumah Saja dengan memanfaatkan kearifan lokal. Jadi yang ingin buka toko silakan, yang tidak buka juga silakan," katanya.

Namun bupati mengingatkan warga untuk tetap disiplin pakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

BACA JUGA: Tiba di Bareskrim Polri, Abu Janda Bilang Begini, Ada Kata Maaf

Bupati juga mengajak seluruh aparat untuk meningkatkan sosialisasi mengenai protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat di wilayah setempat.

Kendati demikian, bupati juga meminta aparat untuk bijak dalam menerapkan aturan dan dapat melayani masyarakat dengan cara persuasif.

"Tentu harus dengan cara persuasif, karena banyak sekali masyarakat yang kehilangan mata pencaharian selama pandemi. Mari kita saling bahu-membahu untuk menanggulangi pandemi ini," katanya.

Gubernur Ganjar Pranowo memastikan seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah mendukung gerakan "Jateng di Rumah Saja" untuk mengurangi jumlah kasus COVID-19.

Ganjar juga meminta masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam melaksanakan gerakan "Jateng di Rumah Saja" yang bakal dilaksanakan pada 6-7 Februari 2021 atau akhir pekan ini.

Orang nomor satu di Jateng itu juga mengimbau masyarakat untuk menunda seluruh kegiatan yang sudah direncanakan pada akhir pekan nanti agar pelaksanaan Gerakan "Jateng di Rumah Saja" bisa berjalan dengan baik.

Melalui surat edaran, Ganjar Pranowo juga akan meminta restoran, tempat wisata hingga pasar untuk tutup selama dua hari tersebut.

Namun pelayanan umum, seperti kesehatan dan transportasi publik tetap beraktivitas dengan pengetatan protokol kesehatan. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler