Jelajah Kuliner Indonesia 2024 Ditutup, Nilai Transaksi Capai 300 Juta

Senin, 09 September 2024 – 22:25 WIB
Sekretaris Perusahaan PT Jamkrindo, Aribowo. Foto dok Jamkrindo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian BUMN bersama BUMN penyelenggara menutup Jelajah Kuliner Indonesia 2024 di Sarinah Thamrin, Jakarta pada Minggu, (8/9).

Kegiatan tersebut didukung oleh empat BUMN penyelenggara, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Garuda Indonesia, Jamkrindo, dan Freeport Indonesia (PTFI) ini merupakan bagian dari Bazar UMKM
untuk Indonesia 2024 yang digelar secara tematik di 12 kota di Indonesia.

BACA JUGA: Jamkrindo Gelar Berbagai Perlombaan di Kolong Tol Rawamangun

Salah satu tujuan pelaksanaan Jelajah Kuliner Indonesia 2024 adalah untuk membantu UMKM yang bergerak dalam sektor makanan dan minuman dalam memperluas pasar dan meningkatkan penjualannya.

Hingga hari terakhir, jumlah kumulatif transaksi mencapai lebih dari Rp 300 juta dengan jumlah total purchase order sebanyak 4.685 transaksi.

BACA JUGA: Blibli 9.9 Gadget Fest: Banjir Promo, Ada Cicilan 0%, Bebas Biaya Hingga 24 Bulan

Jumlah transaksi ini akan terus meningkat dikarenakan masyarakat masih bisa berbelanja secara online hingga 15 September 2024 melalui Platform PaDi UMKM.

Platform PaDi UMKM merupakan marketplace B2B dengan berbagai fitur dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa perusahaan BUMN.

BACA JUGA: Dukung Peta Jalan Industri Penjaminan, Jamkrindo Jalin MoU dengan Seluruh Jamkrida

Selain dapat mempertemukan seller UMKM dengan buyer BUMN, PaDi UMKM juga memiliki layanan yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan transaksi retail, termasuk transaksi yang dilakukan dalam Bazar UMKM untuk Indonesia.

Sekretaris Perusahaan PT Jamkrindo, Aribowo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas antusiasme segenap masyarakat.

Dia berharap kegiatan kolaborasi antar Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN ini dapat membantu UMKM untuk lebih maju.

“Dengan adanya penyelenggaraan Jelajah Kuliner Indonesia harapannya UMKM dapat memperoleh kemudahan dalam memasarkan produknya,” terangnya.

Setelah sukses melaksanakan Jelajah Kuliner Indonesia 2024 ini, Kementerian BUMN akan kembali menghadirkan empat kali pelaksanaan Bazar UMKM untuk Indonesia 2024 lagi.

Pada Oktober 2024 mendatang, Kementerian BUMN bersama BUMN pendukung akan kembali mengusung Bazar UMKM untuk Indonesia 2024 dengan tema Kriya dan bertajuk “berKriyasi” di Jakarta dan Makassar.

Kemudian, menutup rangkaian Bazar UMKM untuk Indonesia pada November 2024, Kementerian BUMN bersama BUMN pendukung akan menggelar bazar di Jakarta dan Labuan Bajo, yang disinergikan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia.

Bazar UMKM untuk Indonesia merupakan wujud nyata peran Kementerian BUMN dan BUMN di dalam mendukung pengembangan UMKM naik kelas.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler